Penanggung Jawab Pertandingan ISMC



 


   
Lama juga ternyata udah gapernah ngepost. Target di akhir tahun 2022 ini gua mau nyelesaiin blog ini karena kayanya udah sibuk banget kerjaan hehe.

Jadi, sedikit informasi kalo di tambang ITB ada satu event yang paling besar dan berada di tingkat nasional yaitu ISMC ITB (Indonesia Student Mining Competition). Menjadi pemain atau player ISMC dan menjadi juaranya merupakan salah satu keinginan gua saat berkuliah dulu. Untuk menjadi player ISMC perlu mengikuti berbagai macam tes dan setiap mahasiswa berusaha semaksimal mungkin supaya bisa lulus.

Kenapa sih orang pengen jadi player ISMC?
  1. - Prestige tersendiri karena berarti kalian adalah mahasiswa terbaik di teknik pertambangan ITB
  2. - Menjadi nilai tambah sebagai mahasiswa (a.k.a masuk CV buat ngelamar kerja)
  3. - Mendapat pengalaman berkenalan dan bertanding dengan mahasiswa tambang dari seluruh Indonesia

Gimana? Tertarik? Lumayan kan buat bikin pede saat melamar kerja. Selain itu nambah-nambah cerita buat anak cucu juga hehe.

Lanjut ke pengalaman gua. Seperti yang gua ceritain tadi gua punya keinginan untuk menjadi player ISMC. Lalu saat mulai masuk tingkat 3 dimulailah untuk oprec panitia ISMC dan player. Awalnya gua mendaftar sebagai player sesuai dengan rencana. Namun kemudian ada informasi dari himpunan bahwa masih sedikit yang mendaftar sebagai penanggung jawab pertandingan.

Disinilah iman gua bergeser, melihat ada peluang gua bisa jadi PJ Pertandingan yang kalo kita liat sebagai jabatannya ya kepala cabang lah ya. Apa yang mau gua pilih? Jadi ketua yang mana menambah pengalaman manajerial gua (yaelah..) atau jadi player yang notabene sebagai eksekutor.

Setelah gua pikir2 lagi, dan melalui banyak pertimbangan akhirnya gua ambil posisi sebagai PJ Pertandingan. Kenapa?

Pertama, kita liat dari sisi positif menjadi PJ pertandingan:
  1. - Menambah softskill untuk manage orang (ada anggota), 
  2. - Membuat dan mengatur RAB, 
  3. - Membuat timeline, 
  4. - Membuat konsep pertandingan dan metode penilaian
  5. - Bisa masuk CV juga kok hehe
  6. - Dulu agak2 ragu bersaing jadi mengambil alternatif lain

Kemudian, sisi positif menjadi player ISMC:
  1. - Mewakili ITB di kancah nasional
  2. - Potensi dapat Ganesha Award (ini keren sih)
  3. - Banyak dapat ilmu hardskill terkait pekerjaan di tambang
  4. - Banyak kenalan teman dari kampus lain
  5. - Masuk CV dan kalo juara keren banget

Dengan berbagai pertimbangan itulah akhirnya gua pilih PJ Pertandingan. Ceritanya mah panjang banget gimana beratnya gua menjalaninya namun menantang. Gua ngatur gimana caranya pertandingan bisa berjalan dengan baik dan keren sedangkan pertandingannya baru pertama kali ada. Kemudian gimana ngatur anggota yang kadang semau-maunya dan susah nentuin waktu kumpul bareng.

Pembelajaran yang sangat penting gua dapatkan dan menjadi hal yang selalu gua terapkan gimana caranya untuk mengatur anggota. Sekian semoga bisa jadi inspirasi buat kalian, selalu ingat ada hal positif yang bisa kalian ambil dari keputusan kalian.



0 komentar: