Mata Kuliah Semester Pertama di FTTM ITB




Oke jadi kali ini gua bakal bahas mata kuliah apa aja yang gua pelajari selama semester 1. Jadi untuk di ITB sendiri seperti yang pernah gua bilang bahwa perkuliahan tahun pertama di ITB itu masih belajar mata kuliah umum.

Jadi selama semester satu ini gua ga belajar mata kuliah tambang satu pun. Jadi jumlah mahasiswa FTTM 2015 itu 345 orang, dibagi menjadi 4 kelas sehingga satu kelasnya bisa berisi sekitar 85 orang.

Matematika Dasar 1

Pelajaran pertama adalah matematika dasar 1 alias kalkulus 1. Mata kuliah ini sebenernya cukup sulit menurut gua, mungkin karena dasar-dasar sains gua di SMA yang berbeda dengan mereka yang bersekolah di SMA unggulan. Walaupun sebenernya materi untuk semester 1 ini masih deket banget sama SMA.

Dosen yang mengajar di kelas gua adalah pak Theo, dosen ini enak banget sebenernya. Ga wajib masuk kuliah alias gaada absen dan nilai absen, kuis nilainya gatau darimana, dan cara ngajarnya yang asik dan interaktif.

Kenapa gua bisa bilang nilai kuis gatau darimana nilainya? Jujur gua tiap kuis kalkulus 1 gapernah bisa wkwk, gua baru paham materi setelah menyesal gabisa ngerjain kuis. Maka dari itu anehnya gua gabisa ngerjain tapi nilai kuisnya lumayan, mungkin kalo nilainya asli impossible buat gua dapat nilai kuis segitu. Tapi gatau ya kalo emang ternyata temen gua diatas gua semua nilainya hehehe.

Meskipun punya kelebihan, ada juga kelemahan, eh tapi cocoknya kerugian deh yaitu pak Theo nih amat sangat sulit untuk kalian mendapat nilai kita jika dirasa kurang puas, misalnya kita rasa nilai kita harusya lebih tapi untuk protes membutuhkan usaha lebih. Kalo iman kurang kuat bisa-bisa nilai malah ngurang wkwk.

Gua paling sering telat masuk matkul ini karena emang dia gapeduli lu mau dateng jam berapapun. Biasalah, ngeteh dulu sebelum berangkat kuliah. Penilaian dari kalkulus 1 ini adalah 45% UTS, 45% UAS, 10% kuis dan lain-lain. Untuk dapat nilai A, lu kudu dapat nilai total diatas 80.

Padahal dapet nilai 70 dari 45% UTS/UAS itu yaampun, gatau gua yang rada koplak jadi susah dapet wkwk. Tapi ya masih bersyukur nilai gua ditengah-tengah lah. Buat kalian yang udah mau mulai ngambis dari sekarang langsung ambil aja buku Purcell yang buat kalkulus. Kalo dulu sih buku gua cuma Mathco hehe, bukan buku sih isinya ringkasan materi sama soal-soal latihan doang.

Fisika Dasar 1

Selanjutnya Fisika dasar 1. Mata kuliah ini gua rasa paling mending dibanding yang lainnya, sebab penilaiannya 30% UTS, 30% UAS, 20% Praktikum, 10% RBL (Research Based Learning), 10% kuis dan lain-lain. Jadi ya nilai kalian gak cuma berdasar UTS atau UAS yang pastinya lebih susah dibanding yang lainnya.

Yang ngajar adalah bapak Acep Purqon, ini gua bukan ngeplesetin namanya si bapak. Memang kata pak Acep, nama dia harusnya Asep Furqon tapi berhubung orang tua dan orang yang ngurus aktanya orang sunda maka jadilah nama beliau yang sekarang.

Pak Acep ini seru sebenernya karena suka membawa masalah fisika ke realita jadi gua lebih ada bayangan buat belajar. Sayangnya kadang saking pinternya pak Acep kadang bikin gua/kami hilang kesadaran. Skip. Untuk bapak Acep ini aman tentram lah gaada peraturan yang rada aneh.

Lagi-lagi buat yang pengen ngambis bisa beli buku Halliday, atau yang sans kaya gua bisa beli Phiwiki yang mirip Mathco hehe. Jangan ikut gua tapi daripada menyesal.

Kimia Dasar 1

Lalu ada Kimia Dasar 1, dosennya adalah bapak Robby. Awal masuk kelas gua kira mahasiswa juga, eh taunya dosen wkwk. Untung dia langsung duduk di depan, kalo di bangku mahasiswa mungkin udah pada gagal paham. Ambis kimia bisa lewat buku Brady, atau lagi-lagi buku acuan gua yang sangat tidak lengkap alias Chempro. Hati-hati kalo liat kunci jawaban Chempro, kadang suka kurang teliti penulisnya. Gatau sih sekarang.

Kimia jaman bapak Robby ini masih bisa diikuti, selain cara mengajarnya yang sederhana namun dapat dipahami. Materinya juga masih cukup dekat dengan kimia SMA. Untuk penilaian kimia ini 40% UTS, 40% UAS, 10% Praktikum, 10% kuis dan lain-lain kalo gua salah. Rada lupa kalo kimia.

Untuk beberapa orang lainnya kimia ini jadi beban tersendiri, berbeda dengan gua yang malah semester 1 terbebani di kalkulus. Gua yang anomali sih sebenernya. Tapi gua inget banget kalo satu buku catatan SMA abis buat kimia semester 1 ini. Rajin ya gua dulu. Oiya kimia ini 3 SKS, sedangkan Fisika dan kalkulus 4 SKS.


PRD 1

PRD 1, Pengantar Rekayasa Desain. Materinya semacam gimana cara berpikir seorang engineer, terus ada beberapa hitungan mengenai hal yang berhubungan sama rekayasa macam ngitung gaya pada jembatan dan lain-lain. Matkul ini 2 SKS, gua kurang peduli sih sama matkul ini.

PSDME

Terus ada PSDME (Pengantar Sumber Daya Mineral dan Energi). Materinya seputar 4 jurusan yang ada di FTTM, tapi cuma kulitnya aja yang dipelajari. PSDME ini harusnya paket A, karena materinya cuma hafalan yang gabegitu ribet. Lagi-lagi 2 SKS.

TTKI

Dan yang terakhir dalah TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah). Gua lupa nama dosennnya yang jelas ibu dosen yang satu ini punya ciri khas dengan membawa speaker dan mic dalam mengajar. Saat pembelajaran sih kayanya kagak ada yang penting, namun setelah lulus baru sadar kalo membuat kerangka makalah itu penting. Makasih bu speaker, 2 SKS nilai datang dari intuisi.

Ada temen gua yang dia emang waktu itu bikin lebih banyak dibanding temen lainnya karena 2 temen itu pergi naik gunung. Eh yang ngerjain nilainya paling jelek dibanding yang lain wkwk.



0 komentar: