Pelatihan SSDK dan SMPE ITB




Sebelum menjalani perkuliahan di ITB pada tahap persiapan bersama atau TPB. Pihak LTPB menyediakan sebuah fasilitas training yang tentunya bermanfaat bagi kalian. Nah, kali ini gua mau jelasin training apa itu dan pengalaman gua mengikuti training tersebut.

Apa Itu SSDK dan SMPE

Ada 2 training yang disediakan yaitu namanya SSDK dan SMPE. SSDK ini adalah singkatan dari Strategi Sukses Di Kampus dan SMPE adalah Strategi Menjadi Pribadi Efektif. Kegiatan yang dilakukan saat SMPE dan SSDK ini hampir mirip. Perbedaannya pada SMPE yang mengisi acara adalah dosen ataupun pembicara dari luar. Sedangkan SSDK diisi oleh mahasiswa tingkat 2 atau diatasnya dengan materi yang jauh lebih mudah dicerna.

Seinget gua training yang pertama itu SMPE, nah waktu itu masih awal-awal banget jadi pas pertama masuk bingung mau duduk dimana. Nah, tapi namanya orang kebanyakan belum kenal pasti duduk didekat temen yg udah dikenal kan?

Akhirnya gua ternyata lihat si Fateh yang berasal dari Jakarta dan kebetulan dia juga ikut waktu futsal FTTM Jakarta. Oiya jadi SMPE dan SSDK ini pesertanya adalah dari satu fakultas yang sama namun dibagi jadi beberapa kelas. Sebab untuk mahasiswa FTTM sendiri diangkatan gua ada 345 orang. Jadi ya wajar-wajar aja kalo pasti dibagi jadi beberapa kelas.

Materi SMPE

SMPE ini kalo menurut gua pribadi untuk materinya cenderung membosankan. Namun hal ini bisa dimanfaatkan karena kita bisa lebih dekat dengan temen lain dan mengenal temen baru karena ada kesempatan ngobrol. Tapi tetep lebih merhatiin ini karena gaenak ada dosen dibandingkan dengan SSDK.

Gua lupa berapa hari untuk SMPE ini waktunya tapi kalo gua gasalah SMPE dilakuin selama 3 hari beruntun. Materi SMPE ini tidak jauh dari cara mengenal diri sendiri, mulai dari mengetahui SWOT, dan yang lainnya dengan tujuan mengenal pribadi masing-masing. Sehingga dapat memahami setiap kekurangan dan dapat selalu memperbaikinya.

Materi dari dosen kurang menarik, materi dari pembicara luar cukup baik namun jauh dari topik. Kalo gasalah dulu topiknya dia bahas macam-macam sambal di Indonesia wkwk. Gadeng, topiknya cukup menginspirasi jadi dia bikin database berbasis cloud gitu terus dia keliling Indonesia ngumpulin berbagai macam budaya Indonesia seperti macam sambal, lagu daerah, baju adat agar bisa dia patenkan bahwa barang ini milik Indonesia dan orang-orang Indonesia bisa tau ada berapa macam sambal di Indonesia atau yang lainnya seperti motif batik, lagu daerah dan lain sebagainya.

Oiya adapun dikelas yang lain ternyata dosennya malah marah-marah dikelas, greget juga tuh belom juga mulai kuliah udah kena semprot. Untung dikelas gua dulu aman sentosa dosennya. Sering-sering jawab kalo dikasih pertanyaan, biasanya dapet semacem bingkisan kaya notebook, gelas dan semacamnya.

Oiya hari pertama SMPE itu gua sebenernya pengen banget ngerubah citra gua yang dulu sering disebut pendiam jadi orang yang bisa aktif dan bermanfaat. Aamiin. Jadi pas hari pertama itu gua kenalan dah sama semua orang di sebelah-sebelah gua gapake malu hehe.

SSDK ini

Selanjutnya adalah SSDK. Kelas gua SSDK ini beda sama kelas gua waktu SMPE. Kalo gasalah NIM (Nomor Induk Mahasiswa) nya naik. Dan kali ini gua bertemu sama Denis, Rafi, dan Kitot yang berasal dari Jakarta. Ya, menurut gua pribadi lebih seru SSDK ini. Selain karena yang ngasih materi bukan dosen, lebih seru juga karena ada temen-temen gua 3 orang ini. Selain itu gua juga kenalan sama temen yang ternyata sama-sama daftar Ganesha Touchdown (GT), pertama SSDK gua kenalan sama Febri dan Indy.  Ya ada baiknya di zaman yang makin sulit ini punya banyak teman hehe.

Kalo sebelum-sebelumnya gua merhatiin jalannya training, kali ini kagak wkwk. Ya namanya juga kita baru kenal dan kebetulan sama-sama dari Jakarta dibahas semua seluk-beluk per-SMA-an. Kita ber-4 dari SMA yang berbeda-beda. Si Denis dari SMA 81, Rafi dari SMA 39, dan Kitot dari SMA 8. Sedangkan gua dari SMA 89 hahaha. Kenapa gua ketawa? Yang jelas setiap gua bilang SMA 89 orang-orang pada nanya dimana lokasinya bahkan baru pada pertama kali denger. Untungnya dulu awal-awal sempet dikira dari SMA 3 Bandung, terus begitu pada tau gua main sama anak Jakarta dikira SMA 8. Jadi enak wkwk.

Hanya Perbandingan Semata!

Nah di SSDK ini materinya lebih mendetail ke arah akademik mahasiswa. Banyak hal yang bisa diketahui dari ikut SSDK ini. Walaupun jujur gua udah lupa materinya, tapi sebenernya bukan lupa sih. Semacam setelah lu tau materinya, materi tersebut menempel di otak sampe-sampe lupa itu materi SSDK apa bukan hehe.

Mungkin segitu dulu yang bisa gua ceritain tentang Pelatihan SMPE dan SSDK ini. Gua harap kalian yang akan mengalami ini menjalaninya dengan baik karena ilmunya sangat-sangat bermanfaat. Biarkanlah pengalaman gua yang kurang inspiratif ini saja yang kurang memanfaatkannya. Semoga sukses!



0 komentar: