Akhirnya Kuliah di Teknik Pertambangan ITB




Kali ini gua bakal bahas tentang pertama kali perkuliahan di jurusan. Untuk cerita tentang osjur gabakal gua ceritain karena gua rasa osjur adalah hal yang private hehe.

Sesuai sama judul, akhirnya gua kuliah di Teknik Pertambangan ITB setelah setahun sebelumnya gua kuliah di FTTM ITB alias masa TPB. Buat yang belum paham bisa langsung baca-baca apa itu TPB dan apa itu FTTM disini:



Terpaksa Isinya Hanya Berbau Akademik (osjur rahasia lah)

Nah pertama kali kuliah di jurusan ini sebenernya merupakan saat-saat yang paling ditunggu. Karena setelah 2 semester sebelumnya mata kuliah yang dipelajari hanyalah dasar-dasar. Sedangkan pada mulai tingkat 2 ini pelajarannya udah mulai mengarah ke pelajaran jurusan. Dan memang sebenernya yang gua tunggu-tunggu dari perkuliahan adalah mata kuliah jurusannya, ya kan memang udah milih jurusan masa ga belajar mata kuliah jurusan hehe.

Tapi awal-awal perkuliahan ini gua ga inget ngapain aja sebenernya, soalnya osjur 24 sks wkwk. Jadi di semester 3 ini ada sekitar 18 sks wajib. Mata kuliah tersebut ada Sistem Penambangan, nah matkul ini yang paling 'tambang' dibanding yang lain. Dosen sistem penambangan ini adalah ayah temen gua. Jadi awal-awal rada lucu kalo pas dia ngajar terus anaknya nanya.

Biasa namanya awal perkuliahan itu pasti ada pemilihan ketua matkul. Nah sontak tanpa basa-basi kita langsung tunjuk anaknya wkwk. Kalo ada yang lebih gampang dihubungi ngapain susah-susah cari yang lain. Lalu ada geologi fisik, pengantar perpetaan, mekanika fluida, mekanika teknik, matriks dan ruang vektor, dan kristal dan mineral.

Matriks dan Ruang Vektor atau biasa disebut mavek ini adalah salah satu mata kuliah paling berbahaya buat anak tambang karena materinya yang kurang dapat dimengerti beberapa. Sebagai pengesahan bahwa matkul ini berbahaya sampai-sampai si mavek ini diabadikan dalam lagu yang biasa anak tambang nyanyikan saat parade wisuda.

Got My Spirit Back

Untuk impresi awal dari perkuliahan di semester 3, gua lebih optimis dibanding semester-semester sebelumnya. Karena kalo denger-denger dari zaman masih FTTM yang dapat bocoran dari angkatan sebelumnya kalo di Teknik Pertambangan itu relatif lebih mudah dibandungkan jurusan FTTM lainnya yaitu Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, dan Teknik Metalurgi.

Pertama masuk kelas udah ga bingung buat milih kursi, pastinya didekat temen-temen main waktu masih FTTM dan yang deket waktu osjur. Buat kalian yang mau masuk ke Teknik Pertambangan ITB, wajib banget ikut osjur dan masuk himpunannya. Karena memang waktu osjur itu kalian bakalan jauh lebih deket dan kenal sama temen kalian.

Karena gua udah lumayan lupa gimana lagi cerita waktu gua rada loncat-loncat nih cerita kali ini. Yang jelas udah semester 3 jarang banget gua pake kemeja, bukan karena gua suka pake kaos tapi rada mager dan kelamaan kalo mau pake kemeja. Yasudah terimakasih sudah membaca, maafkan kali ini ga seperti biasanya. Semoga bermanfaat.



1 komentar: