Sistem Semester Pendek di ITB




Halo teman-teman. Kali ini ada nih share sedikit informasi tentang semester pendek di ITB. Tapi selain yang dari fakultas SBM, gua harap gaperlu melaksanakan isi dari tulisan ini karena kalo iya berarti kalian ngulang matkul hehe.

Nah seperti yang udah gua ceritain di atas, mulai semester 5 gua yakni sekitar tahun 2018 ternyata udah gabisa yang namanya nyuci nilai. Jadi semester pendek cuma boleh diambil sama mahasiswa yang ngulang atau ga lulus mata kuliah tertentu (nilai < C). Gua sendiri alhamdulillah gapernah harus ikut semester pendek hehe. Walaupun sempet sih waktu itu kepengen gara-gara dapet nilai mavek C dan sampai idung patah wkwk. Tapi sayang duit hehe. Baca disini kalo belum sempet -> Kecelakaan Saat Ujian.

Jadi kalo waktu itu kebetulan masih bisa tuh nyuci nilai, misal kalian pernah dapet C atau BC bisa naik nanti nilainya kalau nyuci. Tapi mungkin ada baiknya gua bikin list yang kira-kira bisa jadi informasi penting tentang semester pendek ini:

  1. - Biaya 300rb/sks (kalo belom naik wkwk)
  2. - Dilaksanakan setelah semester genap (sekitar bulan Mei - Juli)
  3. - Bisa buat memperbaiki nilai walaupun udah lulus (misal dari C ke A)  infonya udah gabisa
  4. - Buat memperbaiki nilai supaya bisa lulus (minimal harus dapet C biar bisa lulus)
  5. - Bisa dianggap kuliah biasa 6 bulan jadi 3 bulan, makanya 2x lipat dalam seminggu kalian ada kelas matkul tsb dibanding normal (misal seminggu biasa 3 jam -> jadi seminggu 6 jam)
  6. - Tetep ada UTS dan UAS
  7. - Nilai bisa turun (mungkin sekarang jadi gabisa kali yah karena gabisa nyuci)

Jadi kalo kata temen eh pacar gua waktu itu ya. Soalnya dia pernah ambil semester pendek buat nyuci nilai dari C jadi A. Sabi bet ga tuh wkwk. Emang katanya lebih enak sih kalo semester pendek itu karena yang ikut sedikit, jadi rasanya kaya bimbel. Dan yang kita gapaham bisa langsung ditanyain bahkan kadang dosennya yang nyamperin hehe.

Gaperlu panjang lebar lah ya udah cukup jelas ini guys. Semoga bermanfaat hehehehe, see ya!



6 komentar:

  1. Halo kak, kebetulan aku baca hampir semua artikel petualangan di ITB disini. Dari smp kelas 3 udah mau banget buat ambil FTTM inii, dan semoga seleksi snmptnku lolos aamiin. Kalo gak nanti dicoba lagi di sbmptn nya dan semoga bisa jadi FTTM'21 Aamiin.. Thank u kak tulisannya sangat menginspirasi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo memang ternyata tulisannya bisa jadi inspirasi buat kamu ya! Semoga lolos snmptn dan masuk FTTM yaaa supaya salah satu mimpinya bisa tercapai. Good luck non!

      Hapus
  2. Kak,permisi mau nanya waktu dari tpb ke semester 3 ada syarat boleh ngambil berapa matkul ga kak?terimakasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada atuh, syaratnya IPK>3,00 bisa ambil 22 SKS. Kalo IPK>3,5 bisa ambil 24 SKS. Yang wajib tetep kamu ambil pertama yaa jangan lupa.

      Hapus
  3. Izin nanya kak, kebetulan sebentar lagi SP bakal buka pendaftaran jadi saya lagi cari referensi mengenai SP karena ada matkul yang harus mengulang dan artikel ini lewat. Kira-kira pendaftara ini dilakukan kepada siapa, Kak? Berapa maks SKS yang bisa diambil saat SP? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftaran SP itu mirip seperti pada saat pendaftaran PRS via website PRS. Kalo maksimalnya gua kurang tau nih. Cuma kalo menurut gua sih at least 12 sks harusnya masih bisa.

      Hapus