Berapa Nilai Rapor Agar Diterima SNMPTN di ITB




Kita semua tahu isu bahwa jalur SNMPTN adalah jalur rapor untuk dapat masuk ke perguruan tinggi. Tapi apakah isu itu benar?

Menurut gua pribadi sih jawabannya adalah mungkin. Kenapa? Sebab temen sekolah gua yang nilai rata-rata rapornya lebih tinggi dari gua ternyata tidak berhasil lolos saat mendaftar SNMPTN. Mungkin sebelum lanjut, ada baiknya baca dulu artikel tentang Tips Daftar SNMPTN ITB.

Jadi sebagai pembuka gua bakal ngasih tau lagi nih tentang diri gua. Mungkin yang ingin baca cerita fullnya ada di artikel Kepikiran Masuk ITB.

Cerita di SMAN 4 Yogyakarta

Gua ini adalah murid pindahan. Selama 3 semester gua belajar di SMAN 4 Yogyakarta, dari kelas 10 sampai kelas 11 semester 1. SMAN 4 Yogyakarta ini bukan sekolah unggulan, seringkali bercandaan untuk SMA ini adalah SMAN peringkat 12 di kota Yogyakarta.

Mungkin buat yang belum tau, SMAN yang ada di kota Yogyakarta ada 11. Nah sekolah gua peringkat 12 wkwk. Tapi jangan salah, masalah olahraga SMA gua jagonya. Saking jagonya kalo ada suporteran buat ngedukung pertandingan ada surat izin dari sekolah buat orangtua kita. Salut.

Disini juga gua ga berprestasi, emang gapernah berprestasi sih sebenernya wkwk. Nilai gua biasa-biasa aja dan gua ga menonjol di sekolah. Saking biasanya waktu penjurusan gua disuruh wali kelas buat milih IPS. Soalnya nilai yang bagus IPS, padahal mah dulu nilai semua orang kalo IPS pasti bagus hehe.

Eh ini bukan gua menjelekkan jurusan IPS ya, ngga sama sekali. Setelah gua telisik sepertinya keluar kata-kata tersebut karena nilai IPA gua yang cukup a.k.a pas-pasan. Yaudah langsung aja kita liat nilai rapor gua selama 3 semester tersebut.

Semester 1
Semester 2

Semester 3

Ya gua rasa nilai tersebut sudah cukup memberikan gambaran, alasan sang wali kelas memberikan saran agar gua masuk yang bukan jurusan IPA. Tapi untungnya gua memberikan tren positif setelah masuk jurusan, Semoga si ibu guru ga lupa sama gua.

Cerita di SMAN 89 Jakarta

Lanjut setelah 3 semester ini gua ikut pindah ke Jakarta. Karena ayah gua hampir 2 tahun bolak-balik Jakarta - Yogyakarta tiap minggu. Gua bisa sekolah di Yogyakarta karena ikut ayah yang memilih melanjutkan pendidikannya di UGM, setelah lulus dia langsung lanjut lagi bekerja dan mendapat tempat di Jakarta.

Nah lanjut ke Jakarta, sebenernya dulu gua udah tau mau pindah tapi ga mikir mau masuk SMA mana. Akhirnya gua ngikut aja sama ortu dan didaftarin di SMAN 89 Jakarta. SMA terbaik se-Cakung wkwk yaampun terbaik tingkat kecamatan. Gapapalah seenggaknya SMA ini lebih bagus di sisi akademik daripada sekolah-sekolah gua sebelumnya.

Disini gua langsung dicap anak rajin sama guru-guru. Pengen balik ke masa di Yogyakarta sebenernya waktu gua bisa ngapain aja tanpa kena sindiran hehe. Saat gua berubah dikit ke masa semula gua dibilang Satria berubah. Halah yaudahlah ya. Malah curhat jadinya, kembali ke topik.

Gua rasa kalian perlu perlu perlu banget baca dulu artikel gua yang kepikiran masuk ITB. Karena gua gabakal ngulang disini. Jadi intinya adalah gua anak mutasi (bukan X-Men) alias pindahan dan kemungkinan dapat SNMPTN sangat kecil. Yang bilang guru BK gua ya bukan baca atau denger dari mana-mana.

Tapi kan ternyata bisa daftar tuh dan gratis. Yaudah daftar aja. Seinget gua kalo jaman gua dulu sih katanya nilai yang diambil semester 1-5. Gataudah. Kira-kira gini nilai gua semester 4-6.

Semester 4

Semester 5

Semester 6

Mungkin gitu kira-kira nilai rapor gua, dan Alhamdulillah ternyata nilai-nilai inilah yang berhasil membawa gua masuk ITB. Walaupun gua murid Wolverine (mutasi maksudnya).


Kesimpulan

Nilai rapor mungkin saja menjadi faktor utama dari seleksi SNMPTN ini. Karena memang data yang bisa dilihat oleh panitia hanyalah nilai rapor kita. Berapa nilai rapor minimal agar diterima SNMPTN di ITB? Jawabannya gaada minimal, usahakan saja nilai rapor setinggi mungkin. Sebab tiap sekolah punya penilaian yang berbeda, misalkan SMA 8 Jakarta soal UASnya jauh lebih susah dibanding SMA 9 Jakarta. Maka bisa saja nilai 80 di SMA 8 sama dengan nilai 90 di SMA 9.

Walaupun di beberapa artikel sebelumnya gua bilang rata-rata diatas 85, tapi itu balik lagi ke level sekolah kalian. Jujur aja memang perbedaan level sekolah ini gabisa dipungkiri dan memang benar adanya. Nilai 95 gua bisa jadi setara dengan nilai 80 di sekolah lain. Tapi balik lagi, semua keputusan ada pada panitia seleksi.

Gua harap artikel kali ini bermanfaat buat kalian yang sering gundah gulana mengenai nilai kalian. Semoga sukses.



174 komentar:

  1. Stres gue bang liat nilai lo tinggi tinggi banget padahal gue mau masuk sekolah bisnis dan manajemen taunya tinggi akreditasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau SBM ya mungkin beda lagi parameternya, mungkin kalo nilai raport gua asumsi aja buat masuk peminatan Tambang. Dicoba aja siapa tau berhasil hehe

      Hapus
  2. gue susul bang tahun depan insya allah kuliah di ITB , aamiin

    BalasHapus
  3. Gue pengen masuk fttm bang, tapi nilai fisikanya kecil paling gede dapet 90 an wkwkkata :v tapi kalo bio kim mat sih mayan 90-93 an lah, gmn bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo memang niat dan merasa udah cukup aman daftar aja, tapi kalo hasilnya ga sesuai jangan patah semangat. Gua juga dulu udah siap buat ga diterima kok hehe

      Hapus
  4. Kak, kira” nilai rapor yg dirata”kan dri sem.1-5 atau sem.3-5??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya semester 3-5 sih, lupa euy. Tapi gua nulisnya 1-5 ya di artikel? Ya antara kedua itu lah, hehe.

      Hapus
  5. kak, mau tanya, ada ga sih yang diterima di itb tapi nilai rata2 rapot kurang dari 85?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sih tapi dari sekolah favorit (SMAN 8 Jakarta)

      Hapus
  6. Sama kak kita murid Wolverine, saya dari SMAN 71 JKT ke SMAN 1 GRT wkwkwk, tapi sama-sama favorit sih walaupun masuknya susahan 71, tapi penerimaan snmptn ke ITB banyak yang dari Garut mungkin karena daerah Jawa Barat sama sman no 1 di Garut, beda sama Jakarta ada ratusan sma dan puluhan yang favorit lebih banyak yang ke UI, btw kak ngelampirin sertifikat prestasi gak? sama ranking pararelnya ke berapa? saya juga curiga sih sama nilai UN, dari yang saya tanya keterima di ITB Nilai UN nya terbaik di Sekolahya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus tuh malah kesekolah terfavorit. Gua ga ngelampirin sertifikat prestasi karena gapunya wkwk, paralel 1 di sekolah. Waduh kalo UN gatau tuh, kalo dulu sih gua emang paling tinggi, tapi temen gua ada yang ga lulus salah satu mapel nilai UN-nya dan dia sejurusan sekarang sama gua.

      Hapus
  7. oh pantes ke 1 wkwkw, Oiya kak mau minta saran saya pararel ke 8 tapi kalau berdasar nilai matpel un (6 pelajaran) ke 18 soalnya pas kelas 10 nilai matpel un kecil -.-, saya di snmptn daftar FTI-G pilihan pertama, pil 2 sama 3 kosong, terus ada temen saya pilihan pertamanya sama FTI tapi peminatan (MRI), doi pararel ke 17 tapi berdasar nilai matpel un ke 12, tadinya saya udah daftar peminatan tapi saya pikir lagi saya takut salah jurusan terus lebih minat ke tekkim kayanya, fyi alumni dari sma saya keterima fti tapi peminatan, Saya juga udah siapin SBMPTN kalau hal yg tidak diinginkan terjadi tapi kaya kurang yakin soalnya saya terakhir paling gede passing grade cuma 37% terus katanya kalau pg FTI >50%, meskipun saya tau PG cuma buatan bimbel. Menurut Kak Adhi mending saya ambil peminatan atau gk usah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun kemarin yg masuk FTI berapa orang? Kalo cuma 1 orang dan dia peminatan sulit sih soalnya saingan lu nilai mapel UN-nya lebih tinggi. Kalo yg gua tanyain bener, saran sih cari alternatif lain jadi pilihan lu ga cuma 1. Soalnya masuk FTI itu beneran susah, coba aja searching2 dulu. Daripada gua saran ambil peminatan terus lu ga betah kan salah juga hehe.

      Hapus
  8. makasih infonya bang, bismillah sith-r:'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ka udah masuk sith l
      Kah ? Saya mau taun ini insyaaAllah

      Hapus
  9. loh kak kalau ngak punya faktor alumni apa bisa kak dan sekolahannya pun ngak favorit kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep bisa, cuma kalo banyak alumni dan sekolah favorit memperbesar peluang

      Hapus
  10. Kak. Nalai ku(mapel un) sekitar 86-90 bisa nggk masuk tekkim ITB ? Aku ngk ada prestasi lebih dari tingkat kabupaten sih kak ?
    Minta sarannya dong. Sekarang aku masih kelas 11 kak. Hbs ini kls 12 . Wkwkw :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masuk tekkim ya liat performamu waktu kuliah nanti, kalo masuk FTI sih kayanya bisa itu udah lumayan tuh tingkat kabupaten.

      Hapus
  11. Kak nilai aku smt 1-3 sekitar 83-86. Sekarang aku kelas 11 smt 2 . Aku pingin masuk jurisan tekkim di ITB kak. Sekolahku cukup favorite di kabupaten. Kira2 bisa ngk ya.
    Minta sarannya dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba liat nilai temenmu yang mau masuk tekkim juga, kalo dia nilainya lebih bagus dan milih tekkim juga mending ngalah. Tapi kalo gaada sih harusnya bisa, sekolah terfavorit di kabupaten sih harusnya udah banyak alumni yg ke itb

      Hapus
  12. Kak kalau nilai smt 1-5 itu buat di ranking-in lg sama sekolah apakah kita bisa ikut snm atau ngga. Sedangkan nilai smt 3-5 itu justru yg diliat sm ptn nya, bener kaya gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu kurang tau ya, soalnya waktu jaman gua semua siswa boleh daftar snm. Kalo dulu kan ada penjurusan dulu jadi masuk ipa baru kelas 11 makanya semester 3-5 yg kemungkinan diliat ptn. Kalo skrg kan dari masuk sma udh dijurusin ipa ips.

      Hapus
  13. Kak kalau tentang jurusan arsitektur tau gak? Aku masih kelas 10 sih tpi gpp kan kalau dipikirin lebih dulu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kak, jadinya gimana nih? Keterima di arsi kah? Soalnya saya ada minat kesana lewat SNMPTN, tapi takut juga sih😭

      Hapus
  14. kak kalo mau masuk stei, nilai yang paling berpengaruh apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok kaya yang lain harusnya, ya kisaran mafiki

      Hapus
  15. Gila sih nilai mtk bisa sampe 97 wkwkwk gimana cara belajarnya tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar pas dikelas sama sebelum ujian aja

      Hapus
  16. Kak, kalau mau masuk peminatan tambang, nilai yang paling pengaruh apa ya kak? Kalau lewat snmptn yang peluangnya besar itu kalau aku ambil FTTM atau peminatan tambang ya kak? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di UN-kan baguskan aja nilainya, peluang lebih besar peminatan sih

      Hapus
  17. Klo nilai sem 1 2 biasa aja tapi yg berikutnya naik gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau kalo sekarang ya, kalo jaman dulu sih semester 1-2 belum masuk jurusan jadi katanya yang dihitung 3-5

      Hapus
  18. Bang dulu pas daftar snmptn itb ngelampirin sertifikat2 gitu gak?

    BalasHapus
  19. Bang kira kira kl rata rata nilai raport gue smt 1-5 (6 mapel) 87.28 masuk ga ya ke itb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, gua bukan panitia snm nih hehe. Tapi ya boleh dicoba sih.

      Hapus
  20. Dulu rata rata nilai bang Adhi brapa bang?

    BalasHapus
  21. itu rata2 kakak dari semester 1-5 kak?

    BalasHapus
  22. Kak kalo nilai pelajaran kayak diluar Jurusan ipa seperti Ekonomi nilainya jelek apa itu juga akan pengaruh snmptn kak? Soalnya saya pakai k13 revisi ada ekonmi & sejarah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gua ga ngalamin jadi kurang tau juga ya, tapi menurut pendapat gua sih harusnya ga pengaruh

      Hapus
  23. Kak kalau nilai raport rata2nya misalkan 84 dari smt 3 - 5 IPS kira2 bisa masuk sbmitb - Manajemen gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau 84 bisa kira2 aja dari peringkat sekolah dan alumni sma kamu yang masuk manajemen sbm itb gimana. Kalo peringkat kurang dan gaada alumni mungkin sulit. Juga cek sainganmu ada/tidak. Tapi kan nothing is impossible jadi bisa kamu pertimbangkan lah ya

      Hapus
  24. Makasih ya kak atas infonya, dari sekolah ku ada sekitar 3

    BalasHapus
  25. 3 dari ips jurusan ips, itb 10 dr ipa jurusan ipa itb.

    BalasHapus
  26. Kak kalo sertifikat lomba osn berpengaruh ga buat masuk?

    BalasHapus
  27. Bang mau nanya apakah klo misal kita msk FTI
    Nilai yg didahulukan dlihat adalah rata-rata Kimia baru rata-rata ke-6 pljrn yg di UN kan?

    Soalnya saya lihat alumni saya yg pd msk FTI-Jatinangor sama-sama nilai plng gedenya Kimia. Nah itu gmn ya bang? Kendala saya karena nilai terbesar ada di Biologi 😭 tkutnya malah bunuh diri. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang tahu nilai apakah yang dilihat duluan, namun jika dilihat dari jurusan fti-j mungkin ada hubungannya sih kimia dan biologi.

      Tapi kalo misal setiap tahun ada yang masuk FTI-J misal 2 orang, biasanya sih tahun selanjutnya 2 lagi atau mungkin 1.

      Hapus
  28. Masnya membuatku minder setengah hidup :((( Lihat nilai rapor masnya dibanding nilai raporku pengen nangis rasanya. Btw saya rencana ambil FTTM mas, nilai rapor rata-rata mapel UN ya agak errrr dan nggak naik-naik malah konstan aja gt. Sekolahku lumayan sih sekabupaten, yatapi kalau seindonesia nggak ada apa-apanya, terus kan beda provinsi juga sama itb. Ngaruh nggak sih mas lokasi sekolah sama lokasi ptn tujuan? Terus masnya dulu ada piagam atau sertif-sertif apa gt nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya yang lebih ngaruh itu apakah ada alumni yang sudah pernah masuk ITB atau belum. Sebab sekolah yang biasanya banyak alumni masuk ITB tahun-tahun selanjutnya pun cenderung konstan jumlah siswa yang diterima.

      Kalo gua gaada sertif/piagam. Cuma kalo ada silakan dicantumkan.

      Hapus
  29. kak maaf mau nanya kalo kita gadapet rengking 10 besar pengaruh juga ngga kak buat masuk ptn? tetapi nilai dr semester 1-3 alhamdulillah naik kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua pribadi, kayanya sih dipertimbangin karena kan yang dilihat nilainya. Misalkan nilainya turun dari 95 terus 92 menurut gua sih gamasalah. Ya seharusnya ranking itu berpengaruh, cuma balik lagi kan hanya panitia yang tau penilaian.

      Hapus
  30. Ngelihat tuh Nilai rasanya ingin gua copas di raport gua kak....
    mantap banget nilai9nya... oh ya kak mau nanya mengenai pendaftaran di ITB dong kak, kan gini nih sekolahku belum ada yg alumnusnya masuk di ITB nah terus kalo gua ingin masuk ke ITB apakah susah kak ? trus kan kalo masuk jalur SNPTN menyertakan semua piagam yg dimiliki tuh, nah kalo piagamnya bukan lomba bidang akademik gimana kak apakah bisa ? sebab yang gua miliki itu piagam lomba pramuka (piagam lomba ekstra) bisa nggak kak ? makasih kak saya tunggu jawabannya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngikutin tahun-tahun sebelumnya alumnus pengaruh sih. Tadi gaada yang gamungkin kan, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan aja. Siapin diri kalo terjadi kemungkinan terburuk, gua juga dulu gitu kok walau ya ada 1 alumnus sih.

      Piagam masukin aja semua, harusnya bisa membantu sih. Kalo kategorinya yang biasa disertakan gua kurang tau karena dulu gapunya prestasi haha. Ya semoga berhasil fikri

      Hapus
  31. Kak, aku mau nyoba ke SBM ITB lewat SNMPTN. Karena kalo ku bandingkan dengan univ lain dengan jurusan manajemen sbm ITB rasionya lebih gede 1:8( itu aku itung dari data SNMPTN ). Kak kalau rata² ku dari SMT1-5 segini gimana kak ( SMT 1-84,8) ( SMT 2-86,1) (SMT 3 - 86,4) ( SMT 4-87) dan yang baru² ini ( SMT 5 - 88.8 ). Kak menurut pengalaman kakak dengan nilai segitu mampu/berkemungkinan besar nggak bwt keterima di SBM ITB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipertimbangkan gimana jumlah alumni kamu di SBM ITB, kalo memang banyak dan kamu masuk di peringkat yang mirip mereka mungkin bisa jadi kemungkinan besar. Kalo alumni misalnya 5 orang, coba peringkatin disekolahmu siapa aja yang mau masuk. Kalo kamu diluar 5 besar orang yang mau masuk SBM ITB bisa jadi sulit. (contoh aja kalo alumni di SBM ITB 5 orang).

      Nilai itu biasanya ada hubungannya dengan peringkat sekolah. Contoh nyata gua SMAN 89 peringkat 20-50 se-DKI butuh nilai sebegitu besar buat masuk FTTM ITB. Temen gua SMAN 8 peringkat 1 se-DKI nilainya relatif biasa dan dia sendiri peringkat >50 paralel dan masuk FTTM juga.

      Hapus
  32. oke kak, makasih... emang biasanya rata2 nilai raport disana yang di terima yang nilai raport rata2 berapa kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai itu biasanya ada hubungannya dengan peringkat sekolah. Contoh nyata gua SMAN 89 peringkat 20-50 se-DKI butuh nilai sebegitu besar buat masuk FTTM ITB. Temen gua SMAN 8 peringkat 1 se-DKI nilainya relatif biasa dan dia sendiri peringkat >50 paralel dan masuk FTTM juga.

      Jadi kalo mau bandingin nilai, gabisa liat "value"-nya doang. Harus liat faktor sekolah. Bisa jadi di sekolah dia dapat 80 itu susah setengah mati. Sementara di sekolah kita ga ngapa-ngapain juga dapatnya paling rendah 80.

      Hapus
  33. Kak.. saya sedang galau2nya nih kak.. nilai saya dua mata pelajaran turun drastis dan parahnya turunnya di semester 5. Pelajaran kimia sama bio kak.. untuk sedikit detailnya nilai rapot saya :
    Kimia: 91 ,93 ,92, 94, 88
    Biologi: 82, 84 , 91 ,97 ,90
    Kalau nilai rapot yg lain meningkat kak,cm 2 mata pelajaran ini yg bikin saya nyesek. Kira kira masih bisa diterima sama ITB gak kakk? :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua pribadi sebenernya buat turunnya sih ga terlalu jauh jadi masih aman. Tetep semangat aja, nilai segitu menurut gua bagus. Tapi jangan terlena karena cuma panitia yang bisa nilai kamu diterima atau ngga.

      Hapus
  34. Kak aku mau masuk SBM ITB, tapi belum ada alumniku yang lolos kesana. Kalau aku amati amatin sih, temen² seangkatan ku nggak ada yang mau snmptn ke s SBM ITB. Rata² rata² SMT 1-5 84.5-88.88 itu gmna kak ? Peluangnya. Sekolah ku juga akreditasi A Dan favorit di kabupaten. Gimana kak peluangnya kalau aku milih SNMPTN SBM ITB ? secara tmenn² ku yang kesana GK ad sepertinya. TwrinTerima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kondisinya seperti itu dan kamu memang pengen masuk ITB diniatin aja. Tapi inget selalu persiapin rencana kalo kamu ga diterima.

      Dari nilai sih lumayan bagus cuma gua gatau sih disekolah kamu nilaimu itu masuk di range paralel 1-10 atau ngga. Peluang pasti ada, walaupun agak berat karena belum ada alumni di SBM ITB. Pikir2 lagi aja dan bulatkan tekad, kalo ngerasa ragu2 ya mungkin bisa dicoba opsi lain.

      Karena balik lagi cuma panitia yang tau apa aja parameter kelulusan SNMPTN.

      Hapus
  35. Ka aku mau nanya, kalau SNMPTN pilihan pertamanya ke ITB pilihan keduanya ke UNPAD peluang lolos buat keduanya gimana? Minta saran nya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua sih harusnya gaada masalah pilihan pertama ITB terus keduanya UNPAD. Kan sama2 masuk wilayah jabar dan memang istilahnya ITB satu tingkat diatas UNPAD.

      Hapus
  36. Kak mau tanya kalo nilai rata raport dari 1-5 : 84, 85.43, 87.71, 91.57, 93.43. Pokoknya rata2ny 88.43 dari 7 mapel karena ditambah mat minat dan mat wajib/umum. Klo cuma 6 mapel hanya mat wajib/umum nilai rata2 saya 89.3. Sebenarnya yg dipake yg mana atau ke2ny? Saya mipa dari sekolah SMAN 2 SEMARANG walau dibawahny SMAN 3(udh terkenal dri dulu), kalo keadaan nilai segini dan gk punya sertifikat apakah bisa masuk sbm itb? Terimakasih kak!😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau gua sih harusnya dipake yang wajib aja. Waduh alumni gimana dulu kabarnya di SBM ITB hehe. Kalo ada alumni di SBM ITB ya berdoa aja semoga lolos. Tapi kalo gaada ya gambling dan siap2 aja.

      Hapus
  37. Kak mau tanya,
    saya mau ikut snmptn , mau nya milih FTMD,
    Nah yang di nilai dri snmptn tuh nilai yang mana ya kak ?
    apa nilai rata" semua mapel , apa mapel tertentu aja ?
    Kayak MIPA aja ?
    kalo IP ku skrng dri smt 1-5 83>86 kak
    apa kira" ada kemungkinan buat masuk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gua sih harusnya yang MIPA aja. Kemungkinan masuknya sih balik lagi tergantung sama beberapa hal yang bisa dibaca di link ini:

      https://myitbadventure.blogspot.com/2017/04/tips-lolos-snmptn-itb.html

      Hapus
  38. Halo kak mau tanya,aku mau masuk manajemen ITB. Rata² rapot ku dari SMT 1-5 84-88.8. oh ya, kak Kaka kelas udah pernah ada yang keterima snmptn itb. Tapi bukan dijurusan manajemen. Dan temenku yang mau ke manajemen ITB hanya 123 orang lah kira². Kira dengan kondisi seperti itu, bagaimana ya kak peluang ku masuk ITB ?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dari ke-3 orang nilaimu kira2 paling tinggi apa ngga? Coba cek dulu aja kalo kamu paling rendah hati2 takutnya kamu yg ga dapet. Kalo paling tinggi peluangnya mungkin ada ya tapi agak berat karena belum ada yang dijurusan tsb.

      Hapus
  39. Bales yang tadi nih kak,
    Kalo dibandingin dengan 3 orang yang mau ke manajemen ITB nilaiku lbih tinggi. Cuman ya belum ada alumni' di manajemen ITB. Gimana kak pertimbangannya ?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertimbangannya sih harus lebih membulatkan tekad dulu, kan belum ada alumni disitu jadi harus siap aja kalo yang paling buruk terjadi. Kalo udah siap silakan dipilih aja. Gua juga gitu kok dulu

      Hapus
  40. Hallo,kak mau nanya²
    Kak aku mau masuk SBM ITB, nah disekolahku yang mau masuk cuman 1 orang. Dan SMT 5 kemarin di 1 paralel. Alumniku ada di ITB to di beda jurusan, kalo sbm belum ada alumninya. Kira ² bagaimana kak peluang ku, scr yang dftr snmptn sbm itb cuman satu orang ?

    TerinaTerim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sekolahmu cukup bagus peringkatnya di wilayahmu menurut gua sih lumayan peluangnya. Cuma emang kalo belum ada yang masuk situ jadi salah satu penghambat. Coba niatin lagi aja kalo kamu sebenernya emg bener2 pengen sbm itb apa masuk itb aja. Kalo masuk itb aja gaharus sbm ya pilih yg udah ada alumni disitu.

      Hapus
  41. Kak mau nanya peluang masuk itb nih. Aku minat ambil FITB ITB kak, tapi aku cuma masuk 20 besar buat mapel un dan 30 besar buat yang seluruh mapel. Dan untuk alumni belum banyak yang masuk itb tahun kemarin juga cuma 3 orang, 2 jalur snm dan 1 jalur sbm.
    Buat alumni yah kak, tahun kemarin ada kakel yang ktrima FITB jalur sbm nya, menurut kaka alumni yang ktrima sbm berpengaruy ngga?
    Fyi dari sma aku ada 3 anak yang minat snm itb dan mereka masuk 5 parelel selalu, tapi fakultas yang mereka minat belum ada alumninya.
    Menurut kaka peluang nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang minat FITB kamu aja apa ada yg peringkat diatasmu mau ambil FITB juga? Kalo gaada menurut gua sih 50:50.

      Tapi kalo dari pengalaman temen2 gua masuk ke fakultas yang belum ada alumninya itu lebih sulit jadi ya mungkin bisa lah. Ngaruh kok dari sbm juga pengalaman gua.

      Dan gua ingatkan kalo ini kan sudut pandang gua pribadi dari pengalaman2 aja, kita gatau panitia gimana nilainya hehe.

      Hapus
  42. Kak aku tuh pengen masuk itb lewat snm tapi rata-rata rapot aku 5 semester dikit kak hanya 83.7 aku mau milih antara fttm atau sithr menurut kakak lebih rasional yang mana di pilihan 1 kak? dan misalnya kau aku milih di itb 1 satu lagi di ptn lain, peluang aku di ptn 1 dan ptn 2 makin kecil ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih rasional sith-r pastinya. Tapi kalo tahun sebelumnya udh pernah ada yg masuk FTTM pilih FTTM aja. Kalo pilihan 1 nya ya ga berkurang sih, tapi kalo pilihan 2 ya pasti. Misal pilihan 2 nya FEB UNPAD ya kemungkinannya lebih kecil dibanding di pilihan 1

      Hapus
  43. Ikut peminatan SBM-Kewirausahaan, untuk anak ipa bisa gak kak?

    BalasHapus
  44. halo kak aku mau nanya jadi aku minat ambil FITB tahun ini lewat jalur snmptn, nilai rata rataku 89,09 alumniku ada tahun lalu masuk FITB juga rata ratanya 86,69. di sini yang aku takutkan ada teman seangkatanku juga yang mau ambil FITB rata rataku sama dia ga beda jauh cuma beda 0,38 aja dia juga katanya mau sertain sertifikat padus sedangkan aku ga sertain sertifikat apa apa soalnya alumniku dulu jg ga sertain sertifikat, peluangnya gimana ya kak? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu 0,38 lebih besar nilai kamu atau dia? Kalo kamu ya mungkin siapin pilihan 2 aja buat jaga-jaga.

      Peluang kalo ada lebih orang dr kuota taun lalu itu 50:50. Karena kondisinya sulit kayak gitu jadi kemungkinannya ada 3. Kamu yg keterima atau dia yg keterima atau kalian berdua diterima. Tapi kalo performa alumni kamu kurang baik (dibawah rata-rata) bisa jadi kalian berdua sulit. Ya walaupun harusnya yg terakhir itu jangan sampe kejadian sih.

      Mungkin sarannya cari win-win solution aja sm dia, entah salah satu ganti pilihan atau cara lainnya. Tapi kalo emang gabisa ya siapin pilihan ke 2 aja.

      Hapus
  45. Kak mau tanya dong, saya mau ngambil snmptn fttm udah gitu mau ngikut program peminatan pertambangan juga, karna diatas ada 1 orang(nilainyanlebih gede) mau ke fttm juga. Sekolah saya selalu menerima 1 org ke fttm , tapi untuk tahun kemarin jadi ada 1 yg lulus ssnm ada juga yg lulus sbm buat fttm, jadi saya juga mau coba, kalo menurut kaka gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua sih peluangnya cukup bagus. Kalo gua pribadi bakal nyoba peminatan dan pilihan kedua pilih yang paling safety (tapi harus yg kamu mau juga). Soalnya ada kesempatan buat lu masuk karena ada 2 org yg masuk FTTM di tahun sebelumnya. Menurut gua sih gitu, tp kan balik lg ke panitia snmptn. Semoga beruntung

      Hapus
  46. Kak Saya dari sman 1 nyalindung kab.sukabumi masih satu provinsi lah ama itb:v . saya ikut snmptn, Nih rencananya saya itu mau masuk itb jurusan Fti kampus cirebon. Dari sejarah sekolah saya belum ada tuh satupun alumni yg tembus itb, rata22 nilai raport dari semester 1-5 87,25. Saya pun ga punya prestasi akademik kecuali paskib sama pramuka. Kira22 sikap saya bagaimana kk? Bertahan dg angan saya ke itb atau cari kampus lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut yang kamu tau, taun lalu rata2 nilai rapormu itu jauh lebih tinggi dibanding kakak kelas kamu terdahulu ga?

      Kalo ngga saran gua sih jangan ambil itb. Sayang aja sih kesempatan masuk kuliah tanpa tes terbuang percuma. Masih banyak kok kampus lain yang bisa bikin kamu berkembang. Tapi kalo memang penasaran ya bisa dicoba sih siapa tau beruntung hehe

      Hapus
  47. Bang mau tanya nih, dulu rank berapa di sekolah?

    BalasHapus
  48. Gue sesah nafas liat nilainya bang..salutt

    BalasHapus
  49. Halo.. Sebelumnya, makasih bang atas tulisan-tulisannya yang sangat bermanfaat. Sekarang saya kelas 11. Pengen masuk itb,ya kalo kesaring snmptn rencananya pengen nyoba. Tapi, nilai dari semester 1-3 ini rata-ratanya cuman 81,9. Kkm sekolahku 60.. Emang sih masih ada 2 semester, tapi ngerasa udah agak susah buat dapet rata2 nilai yang cukup buat masuk (katanya 86 ke atas) katanya. . Dan sayangnya banget, nilai matpel ipaku (mat, fis, bio, kim) itu termasuk kecil2. Jadi nilai yang besar tuh malah di mapel yang bukan ipa. Sedangkan temen2ku mayan banyak yang nilainya bagus di mapel2 ipa.. Nah, sarannya menurut abg mending gimana ya? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saran gua buat snmptn sih sepertinya mending diikhlaskan aja, soalnya dari lu sendiri keliatannya ragu nih buat dapet rata2 86 itu. Kalau belum ada alumni pun nambah lagi tingkat kesulitan untuk masuk lewat SNMPTN. Saran gua mending langsung sikat SBMPTN aja mumpung masih ada waktu setahun dan belajar bener-bener.

      Hapus
  50. Bang kalo sma itu nilainya dibagi 2 ya. Yang praktek sama yang pengetahuan dipisah. Nilai tik gw masih 81 dan masih smp. Doain sma niliainya diatas 85
    Nilai tik saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ngaruh sih yang prakteknya. Aamiin btw gakepake loh TIK buat SNMPTN hehe

      Hapus
  51. Kak misal udah lolos SNMPTN tapi bukan di ITB tetep bisa ikut SM ITB apa enggak? Ada yang bilang gk bisa, tapi setelah saya cek di website usm.itb.ac.id gk ada tuh syarat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua kurang tau ya sama SM ini. Tapi harusnya bisa sih.

      Hapus
  52. Bang, kalau nilai Mat Fisika gua bagus (diatas 90), Kimia gua lumayan (90), Bio gua yang parah (83), itu masih ada peluang buat SNMPTN STEI atau FTTM ga? (lebih mau ke STEI sih) Kira2 nilai bio dipake ga di SNMPTN buat masuk situ? Mengingat setahu gua di dua fakultas ini, gaada mata kuliah bio, yang ada mat, kimia, fisika. Makasih bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih gamasuk kalo emang fakultas yang mau kamu daftarin itu gaada matkul biologinya. Jadi aman2 aja sih pilih antara 2 itu dengan nilai bio yang kurang mantep

      Hapus
  53. kakak fakultas sama jurusan apa? waktu itu ada gk yg diterima SNMPTN ITB juga yg nilai rata-ratanya di bawah 85 utk mapel UN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FTTM, Teknik Pertambangan. Mapel UN biologi gua 84.

      Hapus
  54. Kalau mausk FTTM ITB nilai apa ya yg harus paling bagus dari matematika, fisika, kimia, sama biologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matematika, fisika sama kimia harus paling bagus

      Hapus
  55. Tapi kalau nilai biologi lebih bagus, peluangnya gimana menurut kakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo biologinya 95 sisanya 90an sih besar peluangnya. Tapi tetep balik lagi sama pengaruh alumni

      Hapus
  56. Kakak dulu lampirin sertifikat gak? Sertifikat apa?

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum, Maaf mengganggu kak sy ahdian dri SMA 5 Mataram pengen msk meteorologi lewat peminatan kira-kira peluangnya besar nggak kak, sy msk kelas percepatan dan utk alumni yg tembus itb baru 2 org satu lewat SBMPTN di FTI-G (2018 ) dan satu lagi kemarin dpt di FITB 2019 lewat SBMPTN juga utk rapot sy baru dibagiin sampai sem.2 dan rata-rata sem 2 nya 90.45 itupun mat minat turun ( 94 ke 92 ) dan fisika ( 93 ke 92 ) Peluangnya gimana tuh kak. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, kalo liat dari ada alumni di FITB sih harusnya peluang jadi lebih besar (asalkan alumninya punya nilai yg cukup bagus juga). Nilai rapor turun segitu sih gamasalah kalo menurut gua. Sukses ya, tingkatkan terus nilai kamu semoga bisa masuk meteorologi!

      Hapus
  58. Kak kalo nilai rata2 raport aku dari yg paling tinggi fisika, biologi, kimia, baru MTK, tapi aku pengen masuk fttm, gimana peluangnya? Katanya kalau masuk teknik nilai fisika sama MTK yg harus paling bagus. Sekarang aku baru kelas 11 sih. Gimana mnurut kakak?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dulu sih gua nilai paling bagus fisika, trs mtk dan biologi paling jelek. Gaada masalah sih yang penting kan alumni sama ranking sekolahan hehe. Tapi harusnya asal MAFIKI bagus sih besar peluangnya

      Hapus
  59. Mohon maaf kak, saya mau nanya donk. klo rata rata nilai raport saya 82-84, kira kira bisa masuk jalur SNMPTN FSRD ITB tidak ya? Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masuk FSRD nilai raport seperti itu kemungkinan besar cukup kalau portofolionya bagus. Karena untuk masuk FSRD portofolio gambar (seni rupa) masih menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan

      Hapus
  60. Kak yg di liat itu nilai sesuai jurusannya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai yang mendukung untuk di jurusannya, kalo teknik ya lebih ke mapel IPA (kimia, fisika, matematika)

      Hapus
  61. kak klo mau masuk sith s itb terus nilai yg bagus sem 1-5 di ipa biologi sama kimia 90 ke atas, tapi fisika masih 89, kkm sekolah aku 80. tahun lalu yg lolos snm 2 org tapi bukan sith kak. di sekolahku yg mau daftar snm itb 4 org, semuanya beda fakultas kak. menurut kk gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai rapor kayanya udh lumayan tinggi yaa, saran gua kalo mau peluang masuk ITB nya lebih besar pilih fakulas yang ada 2 orang lolos taun lalu itu. Tapi balik lg jangan sampe mau masuk ITB tp ntar ga cocok sm fakultasnya ya

      Hapus
  62. Kak gini..saya dari Sulsel. Sekolah nya bukan sekolah favorit banget. Cuma di kecamatan aja sekolahku favorit. Trus nilai rata2 mapel MIPA ku 95. Pilihan 1 aku fttm ITB. Itu gimana ya kak..apakah nilai itu tinggi atau gimana..trus nilai UN nnti itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilainya tinggi sih, kalo dr riwayat alumni ada yang pernah masuk ga? Kalo ada peluangnya besar kalo gaada ya bisa dicoba sih soalnya tinggi bgt segitumah. Nilai UN gausah dipikir hehe.

      Hapus
  63. sebelumnya maaf menggangu waktunya kak, aku pengen banget masuk sf itb tapi nilai rata" ku untuk 6 mata mapel dri smt 1-5 cuma 86,6. aku peringkat 1 paralel dan sekolahku akreditasinya udah A tapi dari luar provinsi. alumni yang masuk itb ada 4 sih kak tapi itu udah 3 atau 4 tahun yang lalu. aku pernah ikut osn tingkat kabupaten tapi ya hanya sekedar peserta. kira" gimana kak peluangku untuk masuk sf itb? tolong dijawab ya kak 😢🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari nilai sm ranking sih udah lumayan ya, alumni kalo emg dulu masuk sf harusnya peluangnya lumayan terbuka. Kalo kamu emg pengen bgt sih mending tetep ambil aja sf, daripada menyesal nanti hehe. Tapi kalo ragu2 saran gua jangan ambil

      Hapus
  64. Kak mau nya nih..
    Aku dari sma n 1 tunjungan,blora,jateng
    Aku pengen masuk fti itb pengennya sih tekkim
    Pil 2 nya fmipa itb
    Akred sekolah:A
    Sekolahku favorit no 3 se kabupaten
    Nilai rata rata ku: 88.13
    Nilai rata" mapel un ku 87.6
    Jumlah alumni sekolahku yg di itb 2 tapi gatau di jurusan apa dan itu udah 4-5thn yg lalu
    Nilaiku
    Mat:89.90.91.92.89
    Bind:82.85.91.87.91
    Bing:82.82.84.76.84
    Mat mnt:91.92.97.97.98
    Bio:91.88.87.91.91
    Fis:86.85.87.90.93
    Kim:90.90.90.90.91
    Piagam yg aku punya
    Juara 1 kab ceramah
    Juara harapan 1 kab pidato bhs jawa
    Juara harapan 2 lomba pidato Bahasa Indonesia
    Juara harapan 10 lomba kreatif dan inovatif
    Pernah ikut osn mat kab tp hanya peserta
    Kira" kalau aku masuk fti dan fmipa itb peluangnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluangnya gede sih menurut gua, akan lebih besar lg kalo alumninya sama fakultas. Semoga sukses ya!

      Hapus
  65. Kak,kalo saya nilai rata2 nya 87 an prestasi nya ga begitu wah juga si kak(yg nasional cuman jadi finalis, yg juara tingkat kabupaten)
    Terus aku urutan 9 paralel pemeringkatan SNMPTN..
    Kalo aku mau naruh SBM di urutan pertama gimana kak.. tolong kak.. saya lagi bingung

    BalasHapus
  66. Kak , kalo jurusan SBM yang dinilai dirapor pelajaran apa yg yang selaras selain ekonomi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry bgt nih gua baru buka blog lagi jadi telat dan mungkin gabisa berpengaruh.Tapi banyak ke manajemen sih nanti pas di SBM. Semoga sukses yahh dan hasilnya sesuai harapan!

      Hapus
  67. Kak, kan sekarang aku masih kelas 1 SMA nah akutuh harus udah mikirin nanti mau lanjut kuliah dimana, tpi nilai semester 1 aku tuh agak jelek gtu ka kalo misalkan nnti semester 2 sampe semester 5 lumayan ada kenaikan apa bisa aku lolos SNMPTN ITB fakultas manajemen dan bisnis ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aja, asal sekolah kamu favorit dan nilainya tinggi. Soalnya gua kemarin 1-2 jelek juga nilainya

      Hapus
  68. Kalau untuk FITB sendiri yang dikuatin mapel apa ya bang? dan juga mapel apa nilainya yang paling kepake? apakah biologi dengan matematika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk FITB kan jurusannya itu geologi, geodesi, meteorologi sm oceanografi. Lebih ke matematika sih sama fisika karena geologi itu banyak sifat fisik. Trs matematika itu buat data soalnya FITB bakal banyak banget hubungannya ke data.

      Hapus
  69. Kaa kalo masuk FTI kira-kira rata" nilainya berapa di rapot dari smstr 1-5? Sama klo mapel yg di perkuat apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sekitar 90an, tapi tetep harus jadi yg paling bagus di sekolah ya. Soalnya adik gua kemarin padahal beda nilainya tipis sm temennya tp adik gua yg dpt snmptnnya padahal nilai rata2 sekitar 90an juga. Kalo FTI sih banyakin fisika sm matematika menurut gua.

      Hapus
  70. Kak rata" ku malah ada yang cuman 81 itu di smstr 1 trs semester 2 ini cmn naik jadi 82 😭. Tapi aq pengen bgt masuk itb. Sekarang baru kls 11 awal dan lg usaha keras bgt ngerubah nilai rapot. Sebenernya dulu tuh waktu smp sering bgt ranking 1 paralel tp sekarang cmn dpt ranking 7 di kelas😭. Masih bisa nggak ya kalo misalkan nilaiku aq perbaiki? tp kalo liat yg smtr 1 itu gila sih sampe anjlok kaya gt bahkan nilai fis kim mat nilaianya itu 7 semua nyesel jg waktu itu nggak serius belajarnya😓

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa lah kalo emang kamunya diniatin. Ya kan masih ada sbmptn kalo emg pengen bgt masuk ITB kalo udh terlanjur parah. Soalnya kalo memang ga paralel agak susah sih kecuali di sekolah yang memang favorit. Semangat berjuang masuk ITB nya!

      Hapus
  71. Kak, saya salah satu murid dari sma bopkri 1 yogyakarta. Saya sedang berusaha agar konsisten dalam nilai rapot saya. Seperti yang kakaknya tau kalo sma swasta biasanya univnya swasta juga/luar negeri dan lagi kemungkinan ptn di bosa sangat kecil. Apakah ada kemungkinan jika saya bisa masuk di itb jurusan teknik sipil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pasti ada buat masuk ITB. Yang penting terus fokus buat konsisten nilainya biar bagus. Tapi liat lagi kondisi alumni yang masuk ke ITB, kalo lumayan banyak peluangnya pasti ada jalann. Semangatt!

      Hapus
  72. Bang Adhi kalo sekolah swasta ada yg keterima gk??

    BalasHapus
  73. Ass ka..di sekolah masuk paralel 1 rata"nilai raport 88 dominan mtmtk ,sya bingung milih jurusan n ptn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, itu justru yang paling penting bro. Coba liat2 aja mau jurusan apa dulu baru pilih univnya ya.

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  75. Bang mau tanya, alumni saya di itb ada tapo gk tau jurusannya, sekolah saya 10 besar seprovinsi, btw yg dimasukin itu nilai mat umum atau peminatan ya? Ip saya sekitar 85-86 (saya pake mat umum), saya mau masuk ftsl bisa gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nilai keseluruhan. Kira-kira alumninya ada berapa? Kalo cuma 1 dan ternyata beda jurusan gua kurang yakin. Tapi kalo memang pengen banget ya daftarin aja karena secara 10 besar se-provinsi ya mantep sih. Lebih baik mencoba tapi gagal daripada menyesal ga nyoba hehe.

      Hapus
  76. Bang, kalo ke fsrd rata-rata rapotnya berapa ya hehe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadidaw gua bukan panitia wkwk. Selalu usahakan jadi yang terbaik aja di sekolahmu, jangan puas sama nilai yang udah didapat sekarang hehe. Tapi ya 85 itu udah harus minimal lah.

      Hapus
  77. Kak saya pengen masuk fttm th lalu ada kakak kls yg lolos yg jd masalah nilai saya lebih rendah dr kakak kls sayaitu kak. Kira2 gimana peluangnya? Rata2 dr smt 1 smp 5 cm 87.77!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo udah gini tinggal masalah kakak kelasnya. Kalo kakak kelas kamu lancar dan nilainya aman harusnya peluang buat kamu besar. Kemarin nilai kakak kls kamu beda jauh kah? Kalo dekat aman aja. Terus ada saingan kamu ga yg nilainya lebih tinggi? Itu bisa jadi pertimbangan

      Hapus
    2. Kakak kls sy nilainya 88 koma sekian kak... Trs kebetulan sy ekselerasi.. ini ada poinnya gak ya kak? Trimakasih bnyk atas infonya ya kak... Trs terang sy baru pusing nih kak...

      Hapus
  78. Kak saya tahun ini berminat masuk fttm lewat jalur snmptn.Nilai rata2 sem.1-5 itu 87.2 nilai yg paling tinggi kimia 97 sama mtk fisika 90 sm 89.Peringkat paralel di sekolah ke-13 tapi saya punya sertifikat osn kimia(tingkat nasional). alumni yang pernah lolos ke fttm itu nilainya itu sekitar 87.Kira-kira besar gak kak peluang lolosnya ?(sekolah saya peringkat satu se kabupaten dan masih satu provinsi sama itb)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua sih harusnya fttm udah di depan mata hehe. Tinggal masalah saingan kamu aja ada berapa orang dan nilainya lebih tinggi apa ngga. Kalo emg alumni kemarin yg lolos ada 2 orang ya seenggaknya kamu peringkat 2 besar yg mau masuk fttm. Semangat ya, semoga berhasil!!!

      Hapus
  79. Terima kasih kakk

    BalasHapus
  80. halo kak aku ada minat masuk itb via snmptn tahun ini. rerata rapot pel.UN aku 86 dan rencananya pengen banget ke sappk. peringkat sekolahku gak terlalu bagus.. tapi gak rendah banget juga sih.. alumni banyak di itb tapi 3 tahun kebelakang belum ada yang di sappk. paralel di sekolahku jg kebetulan gak ada yang mau sappk lagi selain aku.. hehe kira kira gmn ya peluangnya.. makasihh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalo dari nilainya ya menurut gua sih yaa agak2 mepet sih sama kaya nilai gua dulu wkwk. Saran gua sih ambil peminatan aja karena belum ada alumni juga kan. Toh menurut gua peminatan SAPPK kan jurusan PWK tuh, cukup bagus lah peluangnya karena banyak kota yang udah mulai berbenah tuh masalah perencanaan wilayah dan kota hehe. Kalo untuk peluangnya sih ada tapi ga besar.

      *tapi gua bukan panitia disini ya, keputusan tetep ada di kamu. Gua cuma ngasih pertimbangan aja dan ini subjektif gua. Good luck!!!

      Hapus
  81. Kak aku tahun ini mau masuk fmipa itb lewat jalur snmptn tapi alumniku belum ada diitb kak:(, rata-rata ku 88 kak,apa peluang ku kecil??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo liat rata2 nilainya sih lumayan, cuma kalo dari temen2 paralel lain ada yg mau FMIPA juga ga? Itu bisa jadi pertimbangan. Mungkin kalo peminatan masih ada peluang, cuma kalo bukan kayanya agak berat hehe. Coba dipertimbangkan sepingin itu ga kamu kesana? Kalo iya sikat aja karena 1-2% pun tetep aja kamu punya peluang hehe. Semangat ya!

      Hapus
  82. Kak, aku tahun ini mau masuk sf di itb... Rata" nilai rapor aku untuk 6 mapel selama 5 semester itu 89, aku dri luar provinsi nih trus gak ada alumni di itb, teman-teman aku jg gak ada yg daftar di itb... Nnti saat mendaftar aku mau sertakan piagam juara 3 olimpiade kimia tingkat provinsi yg di adakan salah satu univ di provinsi aku... Jdi kira" gimana peluang aku msuk itb yah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kalo dari nilai kamu sih bagus ya, cuma memang ga ada alumni jadi agak berat. Iya dilampirin aja piagamnya untuk nambah nilai. Kalo menurut gua peluangnya ada sih, tapi memang agak berat. Cuma kalo kamu paralel 1 di sekolah atau sekolah kamu yg rankingnya bagus tingkat nasional menurut gua besar sih peluangnya.

      Hapus
  83. Halo kak, aku minat masuk SAPPK di ITB kampus Cirebon. Sekolah ku sekitaran ciayumajakuning dan kemarin pas live di yt itb, panitia bilang kalo mereka mau ngutamain siswa dari ciayumajakuning. Tapi masalahnya nilai rata rata raport aku cuma 81,67. Sekolahku akreditasinya A tapi belum ada alumni di ITB. Kira kira baiknya gimana ya kak? Apa aku ttp lanjut daftar atau pilih ptn lain yg jelas ada alumni aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Wah orang cirebon juga yaa. Kalo memang kemarin panitianya bener bilang gitu menurut gua bagus sih peluangnya. Cuma kalo gua liat nilainya, gua yakin pasti ada yang lebih tinggi nilainya dari kamu jadi bakal berat saingannya. Kalo gua pribadi prefer kamu cari ptn lain aja. Karena sukses ga harus kuliah di ITB dan pertimbangan gua di nilai sih. Tapi kalo mau nyoba sok gapapa hehe. Good luck yah!

      Hapus
  84. Halo Kak, aku Evi. Aku baru naik kelas 12 dan punya impian masuk FTTM ITB. Aku Sma di jakarta tapi bukan sekolahan favorit, untuk nilai rapot aku unggul di mapel fisika tapi belum mencapai angka 9 (smstr 4 nilai 88) dan dari sekolahku belum ada yg masuk itb. Aku hnya dapet ranking 3 paralel. kalau aku kejar nilai mapel ipa sampai angka 9+ di smstr 5, kira kira peluang aku dapet snm gimana ya kak?? Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa nilai semester 5 kamu bisa mengerek rata2 nilai MIPA dari sem 1 - sem 4 sampai diatas 90 biar yakin. Menurut gua peluang dapet snm sih besar. Cuma untuk peluang FTTM ITB mungkin harus ekstra lagi usahanya. Soalnya mirip nih kondisi kamu sm gua dulu. Dan peluangnya yaahhh sama kaya gua. Kalo rejeki dari Allah memang FTTM ya dapet, kalo ngga ya gapapa hehe. Kalo emg pengen bgt pilih di pilihan 1, kalo ragu2 sayang ajaaa ditaro di pilihan 1. Semangat Evi!!

      Hapus
  85. Mudah mudahan bang aya milik tahun harep susul lu bang di FTTM ITB

    BalasHapus
  86. Btw kalau SMK jurusan otomotif bisa daftar snmptn gak ya? Mau masuk FTTM euy tapi saya dari smkn jurusan otomotif gak nyambung banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong kalau mau daftar snmptn. Untuk lebih detilnya silakan tanya ke guru di sekolah ya. Kalo memang bener2 pengen FTTM gaada salahnya nyoba di SNMPTN. Walau peluangnya mungkin ga sebesar yg lain. Toh pun masih ada jalur SBMPTN dan Mandiri kok.

      Hapus
  87. kak, nilai rata" aku 90+ terus ada 1/2 orang alumni di sith-s tahun 2019 atau 2018 gt lupa. Kira-kira aman ga ya kak kalau pilihan saya di siths? Aku lintas provinsi dari Lampung. Untuk rata-rata rapor 6 mapel alhamdulillah naik terus 6 smstr tapi untuk mapel kimia pernah diturunin 2 angka di smstr 5 dan mapel bio pernah diturunin 1 angka di semester 4 kak. Kira-kira masih berpeluang besar ga ya kak. Makasi kak:)

    BalasHapus
  88. Ka saya mau tanya, snm saya mau ambil ke FTI-J. Rata rata nilai rapot tiap semester lumayan progresif ka
    Sem 1 81,66
    Sem 2 81,33
    Sem 3 84,16
    Sem 4 86,33
    Sem 5 88,5
    Tapi setelah dirata-ratain nilai seluruhnya dari sem1-5 jadi 84,40
    Saya dapet kesempatan jadi siswa eligible rank 15, alumni belum ada, sekolah ga masuk top 1000, terus juga ada temen saya siswa eligible juga rank 8 mau ambil FTTM
    Menurut kk saya mundur saja atau lanjut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gua jawab ini di bulan Februari sih gua akan tanya dulu dimana lokasi sekolah dan apa bener cuma kamu dan dia yang pilih ITB. Kalo lokasi sekolah sekitaran Jawa dan bener cuma 2 yang daftar gua akan rekomendasiin lanjut. Tapi gatau ya sekarang kamu dimana, mudah2an aja sesuai sama harapan kamu ya!

      Hapus
  89. Ka rata rata 84,40 masih bisa snm FTI-J ga menurut kk? Apa mundur saja?

    BalasHapus