Kepikiran Masuk ITB?





Perkenalkan, nama gua Muhammad Satria Adhi Jatikusuma. Biasa dipanggil satria atau ajek. Gua lahir di Bandung tanggal 28 April 1997. Gua tinggal di Jakarta, tapi gua sekarang sedang berkuliah di ITB, tepatnya di jurusan Teknik Pertambangan. 

Hobi gua mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti blogging, editing, pc hardware, gaming dan lain-lainnya. Kali ini gua sengaja ingin membuat cerita pribadi. Tujuannya agar suatu saat gua bisa baca lagi pengalaman-pengalaman gua hehe.

WAKTU SD

Sejak awal gua lahir kedunia sampai kelas XII awal. Gua gapernah kepikiran masuk ITB. Maklum dari dulu sekolah gua emang sekolah yang biasa-biasa aja. Waktu SD gua gapernah kepikiran apapun tentang kuliah (yaiyalah).

Tapi dulu punya cita-cita pengen jadi anggota TNI-AU, ngikutin orang tua yang TNI-AD. Selama SD gua udah 3 kali pindah sekolah dan udah total 4 sekolah. Bukan karena gua yang di-DO, tapi karena ikut ortu wkwk.

Rasanya pindah-pindah sekolah? Sedih. Gua merasa ga punya temen yang bener-bener deket untuk kedepannya, pas gua sekolah sih ama temen biasa aja main bareng mulu. Tapi sekarang-sekarang yah gapunya lagi temen lama. Adasih tapi di SD gua yang terakhir, SDN Kotaraja Jayapura.

Yang pengen tau SD gua:
1. SDN Cikutra 2 (Bandung)
Di SD ini gua sekolah sekitar 1,8 tahun. Kelas 1 sampai kelas 2 semester 2 dipertengahan. Gaenak banget tuh gantung. Mana waktu itu tau bakal pindah ke Jayapura kan. Sempet sedih, kirain bakal tinggal di gubuk dan pake baju adat wkwk. Padahal mah Jayapura udah kaya kota biasa.

2. SD Kartika (Jayapura)
Di SD ini gua sekolah sekitar 2 bulan. Nyelesaiin kelas 2 semester 2. Sempet kaget gua karena di SD ini waktu dulu ada pelajaran bahasa Inggris dan di Bandung gaada. Untung gampang wkwk.

3. SDN 1 Sentani (Sentani)
Di SD ini gua sekolah sekitar 1,5 tahun. Gua lupa apa aja yang terjadi di sekolah ini. Yang jelas dulu gua pernah tawuran sama sekolah sebelah, gajelas memang. Oiya dan di jaman ini gua sekolah jalan kaki yang jaraknya mayan jauh. Mungkin ada 2 kilo lah. 

Di sekolah ini juga gua mengenal game pukul-pukulan yang pake batang singkong. Dan waktu puasa dulu gua libur, mantab.

4. SDN Kotaraja (Jayapura)
Ini sekolah terlama gua, sekitar 2,5 tahun. Sekolah gua ini sekolah terbaik disana, dan waktu itu sempet RSBI. Padahal kayanya dulu gak waw banget tapi begitu kenyataannya. Disini gua mengenal banyak temen yang seru.

Tiap abis lebaran atau natal selalu bawa makanan untuk makan-makan tiap kelas. Mulai disini gua dikenal guru-guru. Teknologi juga mulai berkembang tuh, jadi udah bawa-bawa HP. Disini juga gua dapet rival abadi SD wkwk. Sekarang beda jalan tapi, dia ga jurusan HI.

WAKTU SMP

Terus waktu SMP, gua sempet sekolah 1 bulan di Jayapura. Itu parah bet, udah usaha daftar antrian panjang dan ikut tes. Udah beli semua peralatan termasuk baju olahraga dan tetek bengeknya. Eh dikabarin kalo minggu ke-4 gua bakal pindah.

Awalnya gua pikir bakal SMP di Bandung karena setelah darisana gua tinggal di Bandung dulu, tapi ternyata akhirnya gua ikut ke Jogja. Karena ortu dapet beasiswa buat lanjut sekolah di UGM. Ya gua pikir sekalian coba suasana baru lah.

Waktu itu bingung banget, gaada SMP negeri yang mau nerima gua wkwk. Emang sih, waktu itu NEM gua cuma 24. Akhirnya gua sekolah di sekolah islam. Muhammadiyah di Jogja. Itupun gua ga kepikiran buat kuliah, gua kepikiran buat masuk STAN. Iya, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Kenapa? Karena uangnya menggiurkan dulu menurut kabar burung. Dan sejak SMP gua udah ngincer untuk Pajak dan Bea Cukai.

WAKTU SMA

Lalu SMA, gua melanjutkan SMA di Jogja tepatnya di SMAN 4 Yogyakarta. Disana gua dan temen gua mulai sering ngobrol tentang perkuliahan. Tapi pilihan di hati gua saat itu tetep STAN. Sampai suatu hari pas lagi ngobrol bareng temen-temen gua pernah bilang, "orang yang masuk ITB pasti orang-orang gila (otaknya pinter)" setelah baca passing grade ITB.

Saat gua SMA disini muncul lagi berita-berita yang bikin ga tenang. Ortu gua udah ngasih kabar kalo suatu saat bakal pindah ke Jakarta. Dan gua udah merasa pengen ngekos aja disana gaikut ortu. Tapi, mikir lagi kudu ribet kalo ngekos. Ujung-ujungnya ikut juga hehe.

Nah disini awal mula gua kepikiran untuk masuk ITB.

Gua pindah ke SMAN 89 Jakarta, untuk itungan se-DKI bukan sekolah unggulan memang. Tapi di Cakung nomor satu katanya wkwk. Mulai awal disini gua menjadi orang yang dianggap alim, sebenernya ga alim-alim juga sih. Tapi gua sebagai anak baru kan menghargai ya anak lama hehe.

Lalu saat kelas XII, itu mulai kepikiran kuliah tapi mimpi itu sempet dihancurkan oleh bapak guru BK (Badan Konseling). Dia bilang, "anak mutasi/pindahan gabakal bisa lolos SNMPTN". Sejak saat itu gua berpikir keras.

Sebenernya gua udah nyiapin backup buat daftar Akpol dan STAN. Tapi ya namanya kesempatan SNMPTN gratis siapa yang gamau, kan tanpa tes. Dan saat itulah gua memutuskan untuk memilih ITB selain karena tertarik liat iklan Chevron.

Nah, segitu dulu cerita tentang kapan gua kepikiran buat masuk ITB. Gantung ya? Hehe ntar dilanjutin tentang alasan dan gimana gua bisa diterima di ITB. See ya.



2 komentar:

  1. Masnya jadi nyoba daftar stan gak pas th 2015?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajadi coba karena waktu itu udah kurang 2 mingguan sebelum kuliah dan udah bayar kuliah juga

      Hapus