Apa itu Program Afirmasi ITB?




Cara masuk dan terdaftar sebagai mahasiswa ITB yang gua tau cukup banyak. Dan saat ini gua bakal bahas masuk ITB melalui jalur afirmasi.

Sebenernya gua sendiri kurang begitu paham dengan jalur ini, karena hanya sangat sedikit orang yang diterima sebagai mahasiswa di ITB lewat jalur ini.


APA ITU PROGRAM AFIRMASI?




Program afirmasi adalah jalur yang disediakan oleh ITB berkaitan dengan mahasiswa yang diterima dari seleksi yang diadakan oleh perusahaan maupun pemerintah.

Orang-orang yang dapat diterima melalui jalur afirmasi ini memang hanyalah orang-orang terbaik yang telah berhasil lolos dari seleksi tersebut.

Jalur afirmasi ini tidak tentu bagaimana penerimaan dan pendaftarannya. Tergantung dari pihak penyelenggara yang sudah bekerja sama dengan pihak ITB pastinya.

Salah satu contoh yang gua tau ada di jurusan gua yaitu Teknik Pertambangan. Ada beberapa mahasiswa yang sebenarnya adalah mahasiswa lulusan d3 pertambangan di papua dan mendapat beasiswa dari freeport untuk dapat berkuliah di ITB.


Hal yang unik dari mahasiswa afirmasi ini adalah:


  • - ada yang tidak mengikuti/melalui tahap persiapan bersama (tpb)
  • - ada yang memiliki nim (nomor induk mahasiswa) berbeda, maksud berbeda disini adalah misalkan nim untuk mahasiswa tambang adalah 121 15 001 sampai 121 15 090. Nah maka nim dia adalah 121 15 602 contohnya.
  • - biaya kuliah dan uang saku ditanggung penyelenggara beasiswa

PENGALAMAN

Tetapi mahasiswa yang gua kenal ini adalah kakak tingkat gua yang baru lulus april 2017 kemarin. Bisa dibilang dia adalah mahasiswa angkatan 2013. Angkatan setelahnya yaitu 2014 sampai angkatan gua 2015 gaada mahasiswa jalur afirmasi.

Lalu setelah gua tanya-tanya dia sebelumnya yang lulusan d3 tersebut sebenernya udah kerja di freeport tapi ada beasiswa buat ITB jadi dia ikut seleksi.

Mungkin segitu yang gua tau tentang jalur afirmasi. Buat kalian yang pernah ikut seleksi atau mahasiswa afirmasi di Itb boleh banget buat kritik dan sarannya kalo ada kesalahan pada penjelasan gua ini. Makasih.



0 komentar: