Sistem Perkuliahan di ITB (Akademik)




Halo kembali lagi bersama gua satria, dan kali ini gua bakal bahas mengenai sistem perkuliahan di ITB. Mungkin buat orang yang awam akan sedikit bingung dengan sistem yang ada di Institut Teknologi Bandung.

TPB IN GENERAL



Di ITB, ada yang dinamakan Tahap Persiapan Bersama a.k.a TPB. Jadi gini, saat kalian memilih untuk kuliah di ITB gabakal tuh namanya langsung kuliah di jurusan. Kalian pada awalnya pasti diharuskan memilih fakultas.

Jadi selama satu tahun pertama kalian bakal kuliah di fakultas masing-masing. Fakultas ini memang udah didasarkan pada rumpun jurusan jadi seharusnya gabakal jadi masalah walau digabung.

Apa ajasih yang bakal kalian pelajari selama setahun ini?
Kalian bakal belajar ilmu-ilmu dasar yang pastinya mendukung jurusan yang akan kalian pilih kedepannya. Mata kuliahnya gajauh-jauh dari matematika dasar, kimia dasar, fisika dasar yang paling umumnya.

Disini juga kalian bakal dapet mata kuliah dari fakultas yang tujuannya buat ngarahin kalian untuk memilih jurusan. Jadi buat yang masih ragu-ragu buat milih jurusan, gaperlu khawatir karena fakultas-fakultas di ITB udah mempersiapkannya dengan matang.

Dalam masa TPB ini akan ada 3 kuesioner dari fakultas. Tiap kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui distribusi mahasiswa dalam memilih tiap jurusan. Sebab untuk masuk ke jurusan-jurusan ini punya kuota masing-masing.

MILIH JURUSAN TERBAIK?



Nah, buat kalian putra-putri terbaik bangsa yang udah diterima di ITB, ceilah. Atau yang akan mendaftar di ITB perlu tahu nih. Untuk penjurusan kalian dibebaskan untuk memilih jurusan yang ada.

Tapi dalam satu fakultas pasti ada yang namanya jurusan favorit. Seperti yang gua bilang tadi bahwa jurusan ini punya kuota. Makanya gabisa semua orang yang udah masuk fakultas masuk pula ke jurusan favorit.

Jadi, untuk menyeleksi ini maka IP kalian akan berguna. Karena yang menentukan masuk tidaknya kalian adalah IPK TPB hahahah (ketawa jahat). Kalo IPK kalian gede, milih jurusan apa aja pasti masuk asal yang lain ga lebih gede lagi.

Saran gua manfaatkan masa-masa ini sebagai masa mendulang IP. Karena kalo udah di jurusan lebih susah lagi cuy. Dan buat kalian yang pengen masuk jurusan favorit, jangan lupa belajar dan berdoa karena gaboleh tuh kalian kelempar ke jurusan pilihan 2 dan seterusnya. Takutnya kalian ga sreg kan rugi uga.

MASUK JURUSAN



TINGKAT 2
Selamat buat kalian yang berhasil masuk ke jurusan favorit. Nah, disinilah lu baru belajar jurusan yang lu mau sebenarnya. Ibarat jurusan lain udah tingkat 2 tapi lu masih tingkat 1 hehe. Tapi sebenernya disinilah kalian menyadari bahwa kalian adalah mahasiswa akselerasi.

Yap, kalian cuma kuliah 3 tahun di jurusan kalian. Dan materi yang seabreg-abreg itu akan membuat kalian sedikit kepikiran. "Sedikit". Tapi buat yang emang passion buat kuliah di jurusan seru banget nih di jurusan. Karena bener-bener ilmu yang lu pake di tingkat ini bakal kepake di kerjaan lu.

Oiya jangan lupakan pelajaran TPB kalian. Karena dasar-dasar yang pada dasarnya ga dasar itu sangat penting. Pasti akan ada suatu hal yang perlu menggunakan sesuatu yang ada di mata kuliah tersebut namun tidak akan dosen ulangi saat pembelajaran.

Di tingkat ini biasanya lu tuh masih mahasiswa jurusan yang umum. Sebab biasanya dibeberapa jurusan/program studi mereka punya yang namanya KK ( Kelompok Keahlian). Nah ada tuh beberapa jurusan yang nantinya akan ada lagi subjurusan seperti KK yang tadi gua sebutin. Salah satunya adalah jurusan gua yaitu Teknik Pertambangan.

TINGKAT 3
Disinilah kekeosan (baca:kekacauan) yang sebenarnya dimulai. Lu bakal mempelajari hal-hal terpenting untuk masa depan lu disini. Sebab ilmu 2 tahun lu yang sebelumnya dirasa sudah cukup mumpuni untuk menghadapi tahap ini.

Lu harus lebih serius karena masalah yang dihadapi biasanya adalah masalah real atau kenyataan. Serunya kalo menurut gua di tingkat ini adalah adanya KP alias Kerja Praktek. Gua sendiri sebenernya masih tingkat 2 tapi gua excited banget sama hal yang satu ini.

TINGKAT 4 (TA)
Saya rasa disini cukup dua huruf untuk mewakili perkuliahan tingkat 4 yaitu TA (Tugas Akhir).

Mungkin segini dulu yang gua bahas tentang sistem perkuliahan di ITB secara umum, dan di bidang akademik. Karena sebenernya kehidupan di ITB itu banyak hal lain selain akademik sahaja. Terimakasih para pembaca.



0 komentar: