Cisitu dan Sangkuriang, Kosan Favorit Mahasiswa ITB




Halo-halo, kali ini gua bakal bahas tentang lokasi kos atau kontrakan di ITB. Buat kalian yang baru diterima di ITB ataupun baru kepikiran buat daftar ITB. Pemikiran kalian sama kaya gua gak ya? Kepikiran Masuk ITB

Nah, jadi di ITB ini memang banyak sekali lokasi kos atau kontrakan yang pastinya bisa disesuaiin sama budget dan keinginan kalian. Baiklah daripada berlama-lama ngoceh ada baiknya langsung gua jelasin aja tempat-tempatnya.

Lokasi ini gua urutkan berdasarkan ketidakpastian biar ga kontroversial. Akan gua buat per wilayah postnya, jadi untuk post kali ini gua bakal bahas Cisitu dan Sangkuriang.

CISITU




Cisitu adalah salah satu pilihan terbaik buat kalian yang kuliah di ITB. Kenapa? Cisitu ini bisa banget buat kalian yang gamau bawa kendaraan atau pengen bawa kendaraan. Secara grafik kepadatan mahasiswa, cisitu dibagi menjadi beberapa wilayah.

Cisitu Baru, lokasi ini deket sama ITB atau bisa dibilang paling dekat. Dari sini kalian bisa jalan kaki atau naik angkot (tapi harus ke jalan dago/cisitu dulu). Lokasi ini memiliki jalan yang sempit, lebarnya sekitar 1 mobil + 1 motor. Cari makanan tergolong level sedang, karena lebih cenderung ngumpul di satu tempat). Harga cukup terjangkau.

Cisitu Tengah (eh apaya namanya, gatau lah). Nah cisitu tengah ini adalah cisitu yang ada di gang. Gang 1 adalah gang yang paling besar dengan lebar sekitar 2 mobil mepet dan kosannya memiliki harga diatas terjangkau. Gang 1 punya mobilitas paling mudah karena gang yang pendek. Sehingga dekat dengan jalan utama. Cari makan tergolong agak sulit.

Gang sisanya sempit, lebar hanya 2 motor (kadang 1 motor). Semakin tinggi angka gang, semakin dekat dengan pusat makanan. Jadi bisa digolongkan cari makan level mudah. Harga terjangkau, beda dengan gang 1.

Cisitu Lama, cari makan level sedang. Disini paling enak menurut gua pribadi. Jalan 2 mobil, semakin deket jalan utama makin mahal. Harga disini tergolong tidak terjangkau, tapi mungkin kalo ada yang mau jauh banget dari jalan utama bisa sih. Ada warung andalan akhir bulan, yaitu Sadikin.

Asrama Kidang Pananjung (KP), adalah Asrama yang terletak di Cisitu Lama. Asrama ini diperuntukkan untuk mahasiswa bidikmisi. Dan kepada kalian yang diterima melalui jalur bidikmisi, tahun pertama kalian akan dihabiskan disini. Satu kamar berisi tiga orang dengan ukuran kamar cukup luas. Fasilitas cukup baik dan banyak kegiatan yang akan mendukung softskill kalian. Posisinya cukup jauh dari jalan utama.

Asrama Bumi Ganesha (BG), terletak di Cisitu Lama. Namun posisinya lebih dekat dengan jalan utama dengan lebar jalan ukuran 1 mobil. Asrama ini bisa kalian huni selama berkuliah di ITB dengan biaya 300rb perbulan kalau gua ga salah. Bukan untuk bidikmisi, bebas untuk mahasiswa ITB dan bisa mendaftar diawal perkuliahan. Kegiatan juga cukup banyak.

Cisitu Indah, ini cisitu paling jauh. Cari makan cukup sulit, harga tidak terjangkau. Keuntungan cisitu indah adalah kualitas sama dengan cisitu lama, tapi harga sedikit lebih murah. Jalan lebar 2 mobil, biasanya yang ngekos disini pasti bawa kendaraan.

SANGKURIANG




Sangkuriang, disini terdapat banyak tempat kosan namun dengan harga yang bisa gua bilang gamurah. Cari makan dan angkutan umum tidak mudah, memang rata-rata yang tinggal disini membawa kendaraan. Lebar jalan 2 mobil + 2 motor.

Apartemen Sangkuriang, mahal pastinya.

Asrama Sangkuriang, adalah asrama wanita buat kalian yang bidikmisi. Pastinya banyak kegiatan yang mendukung softskill kalian. Gua sendiri kurang paham sama asrama ini karena bahkan gua gatau tempatnya. Hehe.

Gua rasa cukup cerita gua kali ini, kalo ada pertanyaan ada baiknya langsung tulis aja di komentar. Ataupun ada kritik silahkan komen di kolom komentar. Terimakasih.



0 komentar: