Cara Daftar Program Peminatan ITB




Selamat datang kembali di blog ini, kali ini gua bakal bahas perihal program peminatan. Mungkin kalian semua yang sekarang lagi ada di bangku SMA belum tau nih apa itu program peminatan.

Jadi, program peminatan adalah program dimana kalian bisa masuk jurusan yang kalian mau tanpa mengikuti penjurusan. Saat penjurusan, kalian tidak akan diperbolehkan untuk memilih jurusan. Tapi tetep ngikutin TPB atau Tahap Persiapan Bersama. Apa itu TPB, cek sini: TPB.

Nah, awal mulanya ada program peminatan ini adalah karena beberapa jurusan memiliki pemilih yang cenderung sedikit atau sering dipilih sebagai pilihan terakhir saat penjurusan. Program ini diadakan supaya jurusan tersebut tidak sepi ataupun diisi oleh orang-orang yang sebenarnya tidak berminat.


HOW TO?


Pada awal bulan Februari biasanya akan ada update dari website www.usm.itb.ac.id mengenai peminatan. Akan diumumkan kapan pendaftaran di buka. Syarat mengikuti program ini adalah mengisi formulir yang sudah ditandatangan materai lalu tinggal upload atau kirim ke ITB.

Oiya, program peminatan ini adalah bagian dari pendaftaran SNMPTN. Kalian daftar SNMPTN biasa, tapi dengan upload atau mengirim formulir peminatan.

DAFTAR PROGRAM PEMINATAN – SNMPTN 2018

(untuk update cek ke http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=46)

  • - Program Studi Astronomi (FMIPA)
  • - Program Studi Kimia (FMIPA)
  • - Program Studi Meteorologi (FITB)
  • - Program Studi Oseanografi (FITB)
  • - Program Studi Teknik Pertambangan (FTTM)
  • - Program Studi Manajemen Rekayasa Industri (FTI – Kampus Ganesa)
  • - Program Studi Teknik Material (FTMD)
  • - Program Studi Teknik Telekomunikasi (STEI)
  • - Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK – Kampus Ganesa)
  • - Program Studi Teknologi Pasca Panen (SITH – Program Rekayasa)
  • - Program Studi Teknik Biomedis (STEI)
  • - Program Studi Kewirausahaan (SBM)


CARA MILIH





Asumsi kalian mau pilih 1 jurusan peminatan aja untuk pilihan pertama. Nah di web SNMPTN kalian isi tuh fakultasnya. Misal kaya gua dulu milih Teknik Pertambangan makanya di web SNMPTN pilihan pertama pilih FTTM. Untuk ngisi di formulir peminatan kek gini:
Pilihan 1: Teknik Pertambangan – FTTM
Pilihan 2: (Gausah Diisi)

Asumsi kalian mau pilih 1 jurusan peminatan aja untuk pilihan kedua. Nah di web SNMPTN kalian isi tuh fakultasnya. Misal kalian milih Teknik Pertambangan makanya di web SNMPTN pilihan kedua pilih FTTM. Untuk ngisi di formulir peminatan kek gini:
Pilihan 1: (Gausah Diisi)
Pilihan 2: Teknik Pertambangan – FTTM

Asumsi kalian mau pilih 2 jurusan peminatan aja untuk pilihan pertama dan kedua. Nah di web SNMPTN kalian isi tuh fakultasnya. Misal kalian milih Teknik Pertambangan lalu Teknik Fisika makanya di web SNMPTN pilihan kedua pilih FTTM. Untuk ngisi di formulir peminatan kek gini:
Pilihan 1: Teknik Pertambangan – FTTM
Pilihan 2: Teknik Fisika – FTI

PERLU DIPERHATIKAN

  • - Tidak boleh memilih program peminatan di fakultas yang sama
  • - Pilihan di peminatan harus sama dengan di website SNMPTN
  • - Kalo udah pilih peminatan, gaboleh memilih fakultas yang sama (misal udah pilihan 1 peminatan tambang, gaboleh pilihan 2 FTTM)

ALASAN




Alasan kenapa bisa ada jurusan yang memiliki sedikit pemilih atau kasarnya ga laku apasih?
Bermacam-macam, akan gua jelasin deh alasan orang-orang ga milih.

1. Ikut Temen
TIpe kaya gini gakalah banyak. Biasanya dia adalah tipe yang pendiriannya kurang teguh. Digoda dikit terpengaruh, hehehe. Atau karena ngerasa kalo dia masuk jurusan tertentu temennya gaakan sepemikiran sama dia.

2. Jurusan Baru
Jadi memang di ITB ini mulai bermunculan jurusan-jurusan baru yang merupakan pemekaran dari jurusan yang dinilai terlalu umum. Selain itu karena kebutuhan profesi yang ternyata makin kompleks. Orang-orang jarang yang tau jadi gamilih. Misal ada teknik biomedis, rekayasa pertanian, pasca panen, dll.

3. Prospek Kerja
Ini adalah pertimbangan yang sebenernya dalam memilih jurusan. Tapi namanya ekonomi kan pasti ada naik turun fluktuasi. Sama seperti saat angkatan gua, sedikit yang milih Teknik Perminyakan karena harganya jatoh. Padahal sekarang naik lagi, kena deh.

4. Osjur
Yang ini gua gapaham. Masa cuma gara-gara osjur lu mau menggadaikan cita-cita lu? Yaudahlah ya namanya juga terserah orang buat milihnya wkwk. Contohnya adalah jurusan gua yaitu Teknik Pertambangan.

5. Susah
Ya, ada beberapa jurusan yang sudah bagus dan memiliki akreditasi internasional. Tapi tetep cenderung sedikit peminatnya. Ya karena susah kuliahnya. Contohnya adalah jurusan Teknik Fisika.

Program Peminatan ini sangat bagus buat kalian yang udah membulatkan tekad buat masuk suatu jurusan. Selain itu ada yang bilang bahwa kemungkinan kalian lolos lewat program ini lebih besar. Tapi gataudeh, gaada yang ngejamin juga wkwk.

Sekian informasi dari gua, semoga bermanfaat.



121 komentar:

  1. Kak, mau nanya kalau lolos program peminatan itu trus nggak mampu bayar ukt nya bakalan ada toleransi atau bantuan dr kampus nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk diperhatikan, program peminatan itu lingkupnya hanya kamu sudah bisa memilih suatu jurusan di suatu fakultas dan tidak boleh mengikuti penjurusan di akhir semester 2.

      Tidak ada hal lain diluar itu. Termasuk mengenai biaya tidak ada toleransi, kalau memang merasa tidak mampu silakan mendaftar bidikmisi dari awal.

      Atau ikut subsidi UKT yang caranya bisa diliat disini:
      http://myitbadventure.blogspot.com/2017/04/biaya-dan-beasiswa.html

      Hapus
  2. Untuk yg lolos SNMPTN, UKT itu tetep berlaku ga? Dimana kita bisa bayar uang kuliah sesuai dengan kemampuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UKT tetap berlaku, tapi nanti ada yang namanya subsidi. Bisa dicek disini lebih jelasnya:

      http://myitbadventure.blogspot.com/2017/04/biaya-dan-beasiswa.html

      Hapus
  3. Kak, pas thnnya kakak, pendaftaran dibuka tgl brp ya kak? Saya khawatir lupa cek atau ketinggalan kak. Oh ya kak, formnya diunduh dr web peminatan kan kak? Terimakasih kak😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sekitar tanggal 20-an Februari, saran setelah tanggal 20 Februari cek aja terus ke websitenya. Iya bisa didownload di web peminatan ITB. Iya sama-sama

      Hapus
  4. Kak misalnya yg daftar snmptn fti itb di sekolah saya ada beberapa orang. Nah kebetulan nilai saya lebih rendah dari orang2 tersebut namun saya langsung memilih fti itb program peminatan mri sedangkan yang lain hanya memilih program fti. Apakah peluang saya masuk itb fti bisa lebih besar daripada teman2 yang notabene nya lebih tinggi daripada saya tadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan juga ada temen gua dari Kediri dia ngalamin hal kaya gini. Nilai dia lebih rendah dari temennya tapi dia milih peminatan jadi dia akhirnya yang keterima. Tapi nilainya walaupun lebih rendah jaraknya ga terlalu jauh. Bedanya kalo kamu bilang ada beberapa orang, kalo dia hanya 1 orang.

      Jadi mungkin seperti itu yang gua tau, tapi bukan berarti itu jaminan ya.

      Hapus
    2. Halo ka, mau nanya apakah kaka lolos masuk fti itb? lolos fti saja atau menggunakan peminatan mri ka? terimakasih sebelumnya

      Hapus
    3. Lolosnya fttm gua, peminatan Teknik Pertambangan

      Hapus
  5. Kak mau nanya klo misalnya aku pilih program peminatan daya tampungnya lebih besar?? Terus nilai kaka waktu itu berapa ?? Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya tampungnya lebih kecil malah, kalo gua kemarin yang masuk FTTM ada sekitar 350 orang termasuk 56 orang didalamnya peminatan. Cuma ya kan ga semua orang mau peminatan. Kalo mau liat nilai rapor liat disini: http://myitbadventure.blogspot.com/2017/06/berapa-nilai-rapor-agar-diterima-snmptn.html

      Hapus
  6. Kak minta sarannya,, kalau saya mau daftar perminatan ITB FTTM nah kan di sekolah harus di isi SNMPTN 3 jurusan, nah saran ngisi nyya gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu diwajibin isi semua? Kalo dulu gua daftarnya 2 jurusan aja. Pilihan pertama FTTM ITB (peminatan) dan kedua FITB ITB. Saran sih kalo buat SNMPTN pilih aja jurusan yang memang menurutmu cocok aja. Daripada salah jurusan kan malah repot ya.

      Hapus
  7. Kak, kan biaya kuliah itb tuh patokannya 10jt/sem. Terus aku keterima di fttm pertambangan peminatan. Apakah ad pengurangan biaya kukiah yg disepakati antara ortu dan itb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaada kesepakatan antara ortu dan ITB. Nanti setelah kamu mulai persiapan kuliah bakal ada sosialisasi tentang subsidi UKT. Silakan berkas-berkasnya dilengkapi, kalo kamu memang pantas mendapat subsidi pasti UKT turun. Tapi kalo menurut ITB kamu mampu 10jt/sem ya gabakal berubah. Lalu kalo kamu memang ngerasa kesulitan biaya bisa daftar bidikmisi saja.

      Hapus
  8. Ka saya berencana memilih peminatan fttm pertambangan waktu snmptn sekarang. Tapi katanya fakultas fttm itu kan passing grade nya tinggi. Menurut kakak masuk ke fakultas fttm sama peminatan fttm passing gradenya sama atau mungkin lebih dipermudah karna peminatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relatif sih. Kalo misal saingan yang lebih bagus milih peminatan semua ya jadinya ga lebih mudah. Tapi menurut gua pribadi sih 'harusnya' lebih mudah, walaupun lebih mudahnya cuma sedikit.

      Hapus
  9. Kalo semisal kita di snmptn milih
    1. Fttm-itb
    2. Prodi dan univ lain
    3. Prodi dan univ lain
    Berarti ngisi formulir program peminatan gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samain aja kaya gambar yang gua cantumin di artikel ini. Jadi di form peminatan pilih FTTM-TAMBANG misal, trus silang di pilihan 1. Di website SNMPTN pilihnya FTTM pilihan 1, pil.2 dan 3 nya bisa univ lain.

      Hapus
  10. kak, waktu itu kakak ngirim berkasnya lewat email atau pos? dikirimnya berapa hari sebelum penutupan pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih langsung lewat email, ngirimnya lupa tanggal berapa tapi sebelum bulan maret

      Hapus
  11. Kak kalau kita ikut peminatan terus kita juga ikut bidikmisi jalur snmptn kak, kalau kita lolos snmptn berarti kita juga lolos bidikmisi yah kak?

    BalasHapus
  12. Kak mau tanya nih. Kalau mau liat peminat sama daya tampung program peminatan dimana ya? Ya Allah aku stress parah 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gabisa lah kalo liat peminatnya mah wkwk. Daya tampung kalo peminatan di Teknik Pertambangan itu sekitar 60%, gatau kalo yg lain. Jangan stres lah, dibawa santai aja.

      Hapus
  13. daftar dan ngisi snmptn dulu atau daftar di website peminatan itb dulu?

    BalasHapus
  14. tapi kan nomor pendaftaran snmptnnya belom tau, kak? trus pas sign up peminatan gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah gua cek langsung websitenya ternyata yang bener daftar lewat website snmptn dulu, yang penting jangan di finalisasi dulu ya.

      Hapus
  15. oiya daya tampung pertambangan secara keseluruhan brp kak? diluar peminatan ya

    BalasHapus
  16. kalo diangkatan kakak sendiri, yang masuk peminatan pertambangan rata2 darimana kak? dari jakarta kah atau bandung atau jawa mana gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung paling banyak. Jakarta, Padang, Makassar, Jateng-Jatim, Medan, Lampung ya lumayanlah (sekitar 3-10 orang masing2 daerah tsb). Jadi kalo dibilang rata2 ya dari daerah itu tadi, tapi merata kok hampir dari semua pulau besar ada.

      Hapus
  17. Ka, kalau program peminatan nya pil 1 fttm nah di snmptn nya aku pil 2 nya mau univ lain bisa ga? Kalo bisa cara isinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samain aja kaya gambar yang gua cantumin di artikel ini. Jadi di form peminatan pilih FTTM-TAMBANG misal, trus silang di pilihan 1. Di website SNMPTN pilihnya FTTM pilihan 1, pil.2 dan 3 nya bisa univ lain.

      Hapus
  18. kak, kirim berkas pendaftaran peminatannya dulu atau finalisasi dulu?

    BalasHapus
  19. Kak, kan kalau masuk ke FTTM ada persyaratan tidak buta warna ya, nah pas pendaftaran Peminatan ITB,perlu upload keterangan tidak buta warna, atau cukup formulir pendaftaran aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Formulir aja kok, yang penting pastiin kalo kamu bener2 ga buta warna

      Hapus
  20. ka formulir pendaftaran peminatannya bisa diperoleh dimana ya?
    saya udah cari2 di website itb tp gk ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini: http://usm.itb.ac.id/oreg/index.php/peminatan

      Hapus
  21. Ka kalo mau daftar program peminatan kan butuh nomer snmptn nya nah sedangkan kalo belum dinfinalisasi belum ada nomer snm nya jadi gimana ya

    BalasHapus
  22. Kak, kakak sekolahnya darimana kak? Mau minta saran dong kak, saya kan dari sma di jakarta otomatis gamasuk kuota daerah itb kan. Tapi, sekolah saya termasuk sklh yg cukup favorit jadi lumayan banyak juga alumni2nya yang ke itb. Nah, saya tadinya mau pilih tekkim ui buat snm tapi ada 2 temen saya yg diatas saya udah daftar tekkim ui dan 1 org lagi yg nilainya deket2 sama nilai saya. Makanya, saya kepikiran pilih sappk program peminatan yang pwk soalnya cuma 1 org yg daftar itu di sekolah saya(nilainya lebih tinggi dia drpd saya) tapi dia nggak daftar yg peminatannya. Saran dong kak, baiknya saya pilih tekkim ui atau peminatan pwk aja? Soalnya aktanya tahun ini yg daftar program peminatan ada banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua dari SMAN 89, bisa baca lengkap disini: http://myitbadventure.blogspot.com/2017/04/kepikiran-masuk-itb.html

      Kamu liat track record dulu biasanya yg diterima di snmptn tekkim ui brp orang? Kalo memang biasanya 3-4 orang kamu mungkin diterima dan peluangnya 50%. Tapi kalo mau cari aman mending pilih peminatan pwk aja (syaratnya dari sekolahmu taun lalu udah ada yg masuk pwk ITB lewat snmptn). Btw ini yg jawab temen gua kejadiannya mirip wkwk, dia anak 81.

      Hapus
  23. Kak peluang kalo cuman milih 1 pilihan di snmptn riskan bgt gak? trs pilihannya itu program peminatan lg... apa malah lebih diliat gt? hehe makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah yakin dan emang peluang keterima besar berdasarkan track record sekolahmu ya daftar aja. Kalo mau 2 pilihan sih boleh aja tapi kampus favorit jangan dijadiin pilihan 2/3. Karena biasanya kampus favorit buat pilihan 1 diutamakan.

      Hapus
  24. Saskia Dila SagataSabtu, Maret 03, 2018

    Kak boleh minta line/wa/email ngga? Aku mau tanya2 soal program peminatan ITB. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dm aja lewat instagram, ada di pojok kanan bawah idnya

      Hapus
  25. kak kalo password buat login ke web peminatan itu kpn dikirim ke emailnya ya? saya udh finalisasi pas mau login ke web peminatan ktnya pass bakal dikirim ke email kita, tp smp skrg kok saya blm ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, setau gua sih no.SNMPTN udah dapet dari awal banget. Coba tanyain ke sekolah dulu, oiya kalo di finalisasi nanti bisa ngubah pilihan lagi gak?

      Hapus
  26. kak, seinget kakak yg masuk peminatan tambang taun kakak dari sma mana aja yg di jakarta? sama taun 2016 2017 kalo kakak tau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2015: 8, 28, 89
      2016: 8, 28, 81 dll (gaapal gua)
      2017: gatau, belum masuk jurusan soalnya

      Hapus
  27. Kak, aku daftar snm FTTM ITB kan nih, aku pikir pendaftaran program peminatan tuh dilakukan stlh dinyatakan lolos di ITB, setelah baca blog ini aku baru sadar kalau belum daftar program peminatan tambang, pas check web usm ITB ternyata pendaftaran program peminatannya sudah berakhir *elusdadasampebolong*. Nah, kl misalkan kita diterima di FTTM ITB ,bisa ga kita lolos di Teknik Tambang walaupun ga daftar program peminatan tambang? thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh terlalu semangat kemarin daftarnya ya, bisa kok. Nanti kan setelah 1 tahun kuliah ada penjurusan pilih aja pilihan 1 tambang.

      Hapus
  28. Kak nanti waktu pengumuman di web snmptn yang muncul nama fakultas atau nama prodi peminatan? Dan pengumuman kita buka lewat web snmptn atau itbnya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang muncul nanti nama fakultas, liat pengumuman bisa lewat dua2nya cuma kalo web snmptn lebih lama loadingnya

      Hapus
  29. Kak aku kemarin finalisasi dulu baru daftar peminatan itu gmn ya kak? Tpi status aku udh terdaftar di peminatan itu

    BalasHapus
  30. Kak kaka masuk snmptn lewat jalur apa ya? Kalo snmptn kira kira nilai kaka gede di kimia apa fisika makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua masuk lewat SNMPTN peminatan. Kalo nilai lengkap rapor gua bisa diliat disini: https://myitbadventure.blogspot.com/2017/06/berapa-nilai-rapor-agar-diterima-snmptn

      Hapus
  31. Btw msk FTTM ITB sebelumnya di sekolah sudah ada alumni yang ke sana? Sekolah saya adanya di FTI-J,SITH,FITB sma FMIPA. Atau mending masuk ke yang udah ada alumninya bang?

    Terima kasih sekali lagi bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada 1 orang lewat SBMPTN. Kalo menurut pengalaman gua mending masuk ke yang udah ada alumninya aja

      Hapus
  32. Kak kalau ikut program peminatan itu saingan kita jadi se indonesia, bukan temen satu sekolah lagi. Apa betul kaya gitu kak?

    BalasHapus
  33. Kak, kalau program peminatan teknik biomedik(STEI) termasuk yg jarang dipilih gk? soalnya aku kepikiran daftar kesitu tapi dari track record sekolahku blum ada yg keterima di stei?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biomedis termasuk jurusan baru sih, jadi sepertinya cukup jarang dipilih. Mencoba gaada salahnya sih kalo memang pengen masuk biomedis. Secara angkatan pertama biomedis tuh di angkatan 2015 jadi memang masih fresh bgt.

      Hapus
  34. kak kalo misalnya saya pilihnya gini:
    1.FTSL ITB
    2.Pertambangan Peminatan ITB

    itu kira-kira boleh gak ya kak kalo peminatan jadi nomor dua? Apa bakal ngurangin poin karna peminatan dijadiin nomor kesekian karna dianggap gak serius gitu kak apalagi salah satu tujuannya kan untuk ngejaring orang yang benar-benar minat disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kok peminatan dipilih jadi nomor 2 ga masalah. Paling permasalahan kalo jadi pilihan 2 ya ga langsung diutamakan, jadi ada kemungkinan orang yang nilainya dibawahmu malah yg dapet karena dia pilihan satu peminatan.

      Hapus
  35. Ka mau nanya kalo daftar program peminatan kan harus ada no SNMPTN sedangkan no SNMPTN ada setelah kita sudah mau cetak kartu SNMPTN jadi gmana kaa finalisasi terlebih dahulu lalu daftar program peminatan atau bagaimana ka waktu dulu kala daftar program peminatan soalnya saya masih takut salah proses mau daftar peminatan kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar SNMPTN dulu aja sesuai fakultas peminatan yang mau kamu ambil. Setelah dapet no SNMPTN baru isi form terus kirim

      Hapus
  36. Hai kak, aku kan daftar program peminatan juga kan, terus setelah ngisi peminatannya, abis itu ngapain lagi ya kak? agak bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dulu gua sih daftar program peminatan, print terus kirim formulirnya lewat email. Tapi pas baca2 di peraturan kayanya udah gapake formulir dah tinggal isi online aja

      Hapus
  37. Ka saya sudah login ke web programming peminatan ITB nya kaa tapi tidak terdapat formulir peminatan untuk di cetak nya kaa formulir pendaftaran nya dimana ya kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau rata rata nilainya brp ya kak Riski? Buat refrensi juga soalnya takut kejauhan nilainya.

      Hapus
    2. Nah ini kan 4 taun yang lalu ya pake formulir wkwk. Kalo baca di peraturan sih gaada disuruh untuk isi formulir. Coba baca di webnya kira2 langkahnya apa harus lewat formulir juga apa ngga. Kalo ngga ya berarti udah berubah dan cukup online aja.

      Hapus
    3. Kalo saya nilai 6 mata pelajaran 89,4 kalau seluruh mata pelajaran 88,4 gan

      Hapus
  38. Bang prodi baru yang masih B di ITB recomended ga ya? Contohnya Teknik Pangan dari FTI-Jatinangor. Atau mending cari ptn lain dengan akreditasi A ya? Terima kasih.

    Udah mah masih B lalu kampusnya di jatinangor, takutnya emang ga terfasilitasi dengan baik secara FTI-Ganesha kan lebih di anak emaskan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua recommended sih tergantung prodinya, tapi kalo menurut dosen yang pernah cerita intinya prodi itu dibuat karena adanya kebutuhan dari pasar (ya sedang dibutuhkan lah ahli2 yg lebih spesifik). Cuma kalo gua pribadi menghindari prodi baru walaupun kurang tau nih kalo ternyata prodi2 tsb worth it.

      Kampus jatinangor itu fasilitasnya sudah disesuaikan untuk jurusan2 yg ada di nangor. Ya walaupun kadang kuliahnya ada yang di ganesa hehe. Jadi kalo masalah fasilitas kuliah aman, cuma kadang nangor-bdg itu berat.

      Kalo utk ptn lain dengan jurusan sama dan akreditasi A terserah sih. Karena menurut gua yang beda dari ITB adalah lingkungannya dan kualitas pengajarnya.

      Hapus
  39. kak kan dipeminatan itb kita harus upload formulir yg udah ditandatangan diatas materai sama kartu peserta snmptn, nah kalo kartu peserta snmptn nya harus ditandatangan juga ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory oot dikit, lah formulir masih ada? diatas ada yang komen katanya ganemu hehe, mungkin bisa dibantu kalo kamu nemu.

      Kartu peserta gaperlu di tandatangan

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ada pilihannya buat cetak kartu peminatan kok di web peminatan

      Hapus
  41. Download kartu program studinya dimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tombol tulisan cetak formulir harusnya di web peminatan

      Hapus
  42. ka password untuk program peminatannya itu kapan dikirim ke emailnya ya? apakah langsung? soalnya belum dikirim sampe sekarang, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya gabutuh waktu lama, coba cek di bagian updates, social email. dan jangan lupa pastiin emailnya bener ya

      Hapus
  43. Iya gan di online tapi tetep harus di print formulir nya dan menggunakan materai 6rb kemarin saya sudah di upload gan semoga membantu 🙏🙏

    BalasHapus
  44. Cara ngeliat kalau udah selesai gimana ya kak? Atau setelah tekan tombol "selesai" keluarnya apaan ya? Soalnya takut belum selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pastiin lagi aja, coba reload lagi. Gua juga gatau nih sekarang udah beda kayanya sama dulu hehe. Tapi harusnya kalo udah upload form terus tekan kirim/selesai harusnya udah bener

      Hapus
  45. Gan mau nanya, kalo misalkan nih di sekolah gw ada 2 orang yang mau masuk SAPPK lewat SNM, gw dan satu orang lain. Nilai dia 90.8, gw 90. Nah bedanya gw ikut peminatan PWK, dia enggak, kira-kira menurut agan gw masih ada peluang masuk gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang besar lah kalau kata saya. Lampirin sertifikat aja klo msh ragu. Tp lihat lagi ke indeks sklah dan alumni sih wkwks

      Hapus
    2. Alumni pernah ada yg masuk SAPPK ITB? Kalo ada brp orang? Kalo cuma 1 org rada berat tp kalo lebih alhamdulillah. Gitu sih paling peluangnya

      Hapus
  46. Kk mau nanya formulir nya download dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di kanan atas blog ini, harusnya ada gambar kaya gitu di website peminatan

      Hapus
  47. @Riski bisa beri contoh formulir yg udh di upload?
    Formulir yg mau ku cetak agak beda dgn punya kak adhi di atas

    BalasHapus
  48. ka saya sudah mendaftar peminatan ketika akan mengupload file saya ada keterangan suruh choose file lagi,padahal file saya memnuhi persyaratan.apakah sistemnya otomatis atau tidak ya soalnya tidak ada keterangan kirim dilamannya? saya kesulitan upload filenya kak,padahal sesuai persyaratn kurang dari 1 mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sedang ada masalah koneksi, kalo mau gampang pakai laptop/pc aja

      Hapus
  49. Mau nanya gan, kalo ada 2 orang dengan nilai sama, misalnya 90, milih SAPPK ITB di SNM, dan dua-duanya ikut peminatan PWK, nah bisa gak sih keterima dua-duanya ato cuman bisa satu orang aja per sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja keterima dua2nya, kan tergantung alumni yg pernah masuk juga. kalo tahun sebelumnya ada 2 alumni ya seharusnya dua2nya diterima. Kalo cuma 1 alumni ya hoki2an kalo dua2nya bisa keterima. Kalo lebih dari 2 alumni juga harusnya sih keterima

      Hapus
  50. Yang bingung formulirnya dimana, bukanya pake PC Desktop, jangan Android OKE...

    BalasHapus
  51. Misalkan ambil peminatan meteorogi fitb. Ada atau tidaknya alumni apakah dari Alumni yang ambil peminatan meteorologi atau alumni yang ambil fitb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ambil FITB, peminatan sama dengan ambil FITB juga

      Hapus
  52. Kak, peluang lolos SNMPTN ke Univ Z kalo ga ada alumni yang masuk kesitu mustahil banget ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan tapi lebih kecil dibanding yang udah ada alumninya

      Hapus
  53. Kak, aku mau daftar osean FITB lewat jaalur peminatan rata rata aku 86.94 temen aku yang nilainya 88.41 juga mau daftar ke FITB tapi jalur snm biasa. Peluang aku keterima besar engga? Udah ada alumni yang masuk 1 lewat peminatan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut pengalaman gua dan liat adek kelas, harusnya sih kesempatan lu lebih besar yaa. Tapi gua gabisa jamin juga karena bukan panitia SNMPTN hehe sukses ya!

      Hapus
  54. Ka klo aku ikut prog peminatan yg sith nya trus pil 1 di snmptn sith tp pil 2 univ lain peluangnya besar gk drpada teman yg jalur snm biasa ke itb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung perbandingan nilai kalian aja, kalo pilihan 2 sih gaada masalah

      Hapus
  55. Ka aku udah buka link usm disana keterangannya pendaftaran dibuka tanggal 14-26 tapi pas aku buka link pendaftarannya kok udah ditutup ya?

    BalasHapus
  56. Kak mau tanyaa, itu kan ada keterangan kalo ga boleh milih prodi yang sama, itu buat peminatan apa gimana? Trus kalo aku ambil SITHR buat pilihan 1 program peminatan trus pilihan 2 itu SITHS apa boleh? Itu ngelanggar peraturan ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo SITH-S sama SITH-R kan itu beda fakultas jadi aman aja. Kalo kamu pilih peminatan T.Pertambangan trs keduanya FTTM baru ga boleh. Maaf ya telat bales sibuk sama kerjaan hehe

      Hapus
  57. Kak, saya mau nanya. saya kan masih kelas 11 niatnya saya mau daftar ke FTTM ITB. tapi saya pesimis karna dari sekolah saya belom perah ada yang masuk ITB dan masuk FTTM ITB kan susah banget, ada tips atau nasehat ga kakk huhu :(:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pesimis dulu, kalo memang pengen bgt kamu masih bisa usahain sampe semester 5 nanti. Saran gua, tetep fokus buat dapet FTTM tapi buat juga pilihan lain. Supaaya kalo emg kamu liat nilainya belum sesuai keinginan ya bisa beralih hehe

      Hapus
  58. Kak, saya mau curhat sedikit, rata² saya 85.5 pengen masuk ke SAPPK ITB - Program peminatan PWK. Saya berasal dari salah satu sekolah favorit di Sumatera Barat (tahun kemaren alhamdulillah rank 1 di Sumbar) setiap tahun juga ada alumni yg lolos SNMPTN ke ITB sekutar 8,9,10 orang an tapi speengetahuam saya belum ada alumni yang ke SAPPK. Menurut kakak nih ka, peluang saya buat lolos SNM ke SAPPK ITB - Peminatan PWK ada ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari sekolah terbaik lebih besar lagi peluangnya. Yang terpenting tinggal menjaga nilai kamu supaya masuk di kategori nilai cukup tinggi diantara yg lain. Semangat ya!

      Hapus
  59. kak saya mau nanya nih karena bingung mau nanya kemana lagi, saay baca di artikel lain kalau siswa yg diterima porogram peminatan ini jumlahnya setengah dari jurusan tersebut misal di jurusan biomedik itu ada 50 orang brrti yang diterima jalur peminatannya ada 25 orang. kalau misalanya bener saya mau nanya jumlah siswa yang ada di jurusan biomedik itu kisaran berapa ya biar saya juga bisa melihat peluangnya mengingat saya bukan dari sekolah yang favorit dan di luar jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh emang gitu ya? Kayanya dulu gua ga kaya gitu sih, mungkin udah berubah kali ya. Waduh gua gatau nih ada berapa jumlahnya siswa di biomedik. Cuma setau gua yang paling sedikit kemarin sih masih di angka 50-60 orang per jurusan.

      Hapus
  60. Kak mau nanya, kalau untuk daftar peminatan ITB apakah harus bayar juga untuk daftar nya atau cuman melampirkan persyaratan yang ditentukan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga kok, cukup melampirkan persyaratan aja. Maaf late respondnya keterlaluan yah hehe

      Hapus