Tips Lolos SNMPTN ITB




Aloha, kali ini gua bakal bahas masalah SNMPTN di ITB. Mungkin kalo boleh gua bilang jalur ini adalah jalur yang paling mantab buat kalian. Cukup maksimalkan pembelajaran kalian di sekolah dapet nilai ujian dan tugas yang bagus selesai permasalahan.

Apalagi buat kalian yang dari sekolah unggulan dan pintar pula kalian tidak perlu lagi pusing-pusing mencari tempat kuliah. Tinggal milih sesuka hati. Menurut gua pribadi jalur ini adalah salah satu yang terbaik buat mereka yang ga menyia-nyiakan waktu SMA nya. Dan gua rasa hal itu sebanding sama pengorbanannya.

Nah untuk SNMPTN di ITB sendiri sebenernya gaada masalah. Cara mendaftar SNMPTN sama seperti daftar dimanapun.
Bisa langsung dibaca kesini: SNMPTN ITB

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat diterima melalui jalur ini.

1. Pilih berdasar TKR Tertinggi

Buat kalian yang mau daftar 2 pilihan, pillihan pertama pilihlah yang memiliki tingkat kesulitan relatif lebih tinggi, untuk penjelasannya bisa kalian baca disini Tingkat Kesulitan Relatif ITB.

Berikut Tingkat Kesulitan Relatif ITB:


2. Program Peminatan

Program peminatan adalah program yang membiarkan kalian langsung masuk ke jurusan yg kalian inginkan tanpa perlu ikutan rebutan jurusan dengan temen sefakultas lainnya. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca disini Peminatan ITB

Intinya program peminatan dapat memudahkan kalian agar diterima di ITB karena secara ga langsung kalian udah ngisi jurusan yang nantinya akan sepi pemilih.


3. Punya Kakak Tingkat di ITB

Nah, kakak tingkat kalian yang sebelumnya sudah berkuliah di ITB dapat membantu kalian dalan masuk ke ITB lewat jalur SNMPTN. Apa parameter yang diperhatikan? Dapat dilihat dari nilai yang mereka dapatkan pada perkuliahan.

Jika memang nilai mereka bagus tidak menutup kemungknan untuk kalian akan lebih mudah diterima di ITB. Pilihalah fakuktas yang jurusannya kurang lebih sama dengan fakultas kakak tingkat kalian, karena kalo beda ga ngaruh cuy wkwk.


4. Usahakan nilai UN Rata-Rata 85

Ah nilai UN mah gapenting, ga kepake buat masuk PTN. Siapa bilang? Setelah gua survey ke temen-temen gua yang masuk ITB lewat jalur SNMPTN ternyata memang nilai nem mereka kebanyakan diatas 50 (untuk 6 mata pelajaran).

Makanya jangan kemakan isu, maksimalin aja kesempatan yang lu punya. Jadi gua rasa pasti diperhitungkan lah. Ga mungkin juga kan nilai raport bagus-bagus tapi UN-nya dapet nilai 5 semua. Kecuali emang gapernah ngerjain soal UN. Rada kontroversi sih ini.

5. Berdoa, Impikan, Usahakan

Jangan lupa berdoa adalah hal yang paling penting untuk dapat kesempatan lolos ini. Selalu impikan kalian di terima SNMPTN. Kalo gua dulu, nempel kertas di sebelah kasur (di meja belajar) itu tulisan FITB ITB walaupun malah keterima FTTM ITB wkkw.

Usahakan, kalo emang lu mau keterima SNMPTN. Nilai raport lu harus selalu baik dan kalo sudah baik pertahankan dan kalo ngga harus selalu meningkat. Kalo dulu SMA kelas X gua main mulu jadi nilainya standar KKM. Untuk makin lama makin belajar jadi naik nilainya.

Mungkin segitu aja saran dari gua sebagai mahasiswa ITB yang dulu mengorbankan masa SMA gua. Terimakasih semoga membantu.



44 komentar:

  1. Semangat untuk adek2 yg pengen masuk ITB, kalo saya sih sudah jadi mahasiswa akhir hehe

    BalasHapus
  2. Kak boleh liat nilai rapot kakak gak ? Buat patokan kak. Mungking bisa kirim email apakatakemal@gmail.com atau bales aja kak hehehe :D
    Terima kasih kak, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, yang semester berapa maunya? hehe. Nanti dikirim ke email.
      Aamiin makasih ya.

      Hapus
    2. mau dong foto nilai rapot kakak sem 1-5 kirim ke erikodarmawan1@gmail.com

      Hapus
  3. Ka saya juga mau dong liat nilai rapot kakak email ke zulvaaapria@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai raport saya udah diupload kok, bisa dibaca disini http://myitbadventure.blogspot.com/2017/06/berapa-nilai-rapor-agar-diterima-snmptn.html

      Hapus
  4. Kak dulu waktu snmptn, milih univnya ITB doang atau sama univ lain?

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum ka, untuk formulir peminatan itb 2018 itu dapat di download pada link yg mana ya ka. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini: http://usm.itb.ac.id/oreg/index.php/peminatan

      Hapus
  6. Kak ada info soal SAPPK ga? Boleh minta share dong kak

    BalasHapus
  7. Lha berarti un ngaruh gitu kak buat tahun ini? Kok kata panitia snmptn tahun ini ga ngaruh ya? Mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya itu nilai rapor yang masuk di UN hehe

      Hapus
  8. Kak mau tanya tes psikologi itb itu pengaruh buat penerimaan mahasiswa baru ga? Trus ko pendaftaran ulang ada 2x dijadwalnya maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama buat snmptn trs kedua buat sbmptn sekalian tes2. Tes psikologi kalo emg sehat mah gabakal ngaruh.

      Hapus
  9. Hai, gua stumbled upon your blog barusan dan gua baru tau yang tentang masuk dgn nilai kakak tingkat itu. Kakak gua kebetulan mahasiswa ITB di jurusan yang gua pengenin. Bisa tolong jelasin lebih lanjut ga? Kaya teknisnya gimana dsb. Thanks btw!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gaada teknis gimana2 kok. Ya cukup tau aja kalo kakak tingkat di jurusan yg lu pengenin nilainya bagus. Jadi masuk pertimbangan panitia aja sih kalo emg lulusan dari sekolah lu yg masuk jurusan tsb cukup baik performanya.

      Hapus
  10. Kak kan ada 4 orang yang mau masuk fttm dikelasku. Orang ke 1 tuh yg nilai rata2 rapot sem 4 itu paling tinggi (89,4) sedangkan aku urutannya ke-3 dan rata2nya 87,6. Kira2 bakal keterima nggak yah? Dan emang persaingan di sma aku lumayan ketat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kaya gitu harus liat dulu nih angkatan sebelum kamu yang diterima di FTTM ITB berapa orang? Kalo ada 3 orang berarti kamu aman, kalo 2 orang ya 50:50 lah.

      Tapi dengan asumsi anak kelas lain gaada yang mau masuk FTTM. Harusnya kamu urutin nilaimu sama temen satu angkatan jangan cuma sekelas.

      Hapus
  11. Kk kalau alumni sekolah ane belum ada yg masuk ITB, paling udah beberapa tahun lalu, gimana peluang nya,lalu sertifikat apa saja yg dihargai itb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada alumni yang dalam jumlah sedikit, kaya gua misalnya 1-2 orang kesempatan masih ada kok. Contohnya 2 tahun setelah gua lulus gaada yang masuk ITB baru tahun 3 masuk lagi 2 orang. Tentunya kalo jumlah sedikit gitu kamu harus ada di peringkat teratas sekolah.

      Setau gua semua sertifikat dihargai, terutama yang tingkat kota ke atas pasti ngaruh. Jadi ya buat pertimbangan aja karena gua sendiri gapake sertifikat apa2 dulu (baca: gapunya prestasi haha)

      Hapus
  12. Kak tolong kirimin nilai rapot nihh email ku msulaimandaulai@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat di tab kanan ada kok post tentang nilai rapor gua

      Hapus
  13. Ka kk tingkat gua itu di pertambangan kya lu. Itu kira2 jurusan yang kurang lebih sama kaya pertambangan tu apa😂 nyambung ga ke arsitektur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang mirip pertambangan ya geologi, geodesi, geofisika. Arsitektur mah tidak ada hablumnya

      Hapus
  14. Kak kalau ada alumni yang masuknya lewat sbmptn di jurusan yang aku pengin dan lewat snmptn tapi ngga aku pengin,itu ngaruh ngga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngaruh kok, dulu waktu gua FTTM kaka kelas gua masuk FTTM nya lwt SBMPTN

      Hapus
  15. kak, kira-kira itb itu ngeliat rangking paralel sekolah secara keseluruhan juga apa cuma rangking per jurusan kak? tahun kmrn sekolah saya ada yg diterima di fttm snmptn dua orang, tapi saya lihat rangkingnya sekitar 36 dan 41. Orang-orang yang rangking atas kebetulan gak ada yang pilih fttm entah kenapa. Kalo UI saya lihat dari kakak kelas yg diterima snm itu yang peringkatnya masuk 20 besar semua, sisanya yg pilih UI dibawah itu banyak yg gagal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ranking paralel yang per jurusan. Jadi kurang lebih mirip sama yang gua bilang diatas kalo pilih tuh yang udah pernah ada alumninya. Wajar dia masuk FTTM karena masih 50 besar dan diatasnya gaada yang milih FTTM. Kalo yang dibawah 20 besar gagal UI kemungkinan karena kuota jurusan yang diinginkan udah keambil sama yg peringkat 20 besar.

      Ya contohnya misal tahun lalu masuk FTTM 3 orang dengan asumsi peringkat dibawah 20 besar. Sedangkan taun ini yang daftar 6 orang peringkat paralel 1-6. Tetep aja yang bakal dapet cuma 3 orang atau kalo hoki 4 orang. Ya kira2 seperti itu sih.

      Hapus
  16. doain aku bisa masuk fttm itb juga yaa kakk, Aamiin. Trs kak mau nanya,
    misal masukin snmptn pilihan pertama itb pilihan kedua ui gitu kemungkinan keterima nya seberapa besar ya kak?
    soalnya denger2 mereka gamau di duakan gt (jd kl pilihan pertama itn duluan ui gamau nerima kita dan sebaliknya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Kalau pilihan keduanya pilihan yang bagus juga kayanya berat sih buat dapet pilihan 2. Iya itu sebenernya emang kan yang pilihan 1 diutamakan, kalo nilai kamu ga jauh beda sama mereka ya kamu kan pilihan 2 jadi di nomor 2 kan.

      Hapus
  17. Halo kk ... terimakasih atas infonya.Kak saya ingin mminta pendapat dr kakak mngenai besar atau kecilnya pluang saya bs lolos snm walau kakak lun blm bs memastika 100% bs lolos atau tdk...intinya saya hanya ingin mngetahui sudut pandang dr kakak.berikut nilai saya per semeter :
    Smester 1 85.6
    Semester 2 88
    Semester 3 89.57
    Semester 4 ( sdg dijalani )
    Semester 5 ( blm dijalani )

    Nah klau diliat brpakah nilai yg hrs saya pasang kak di smester 5 agar bs berpeluang lolos / aman lah utk snm.Doakan saya ya kak agar bisa lolos di sith itb.Jd ilmuwan udh cita2 saya sejak kelas 2 sd.Mohon tanggapannya ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua naikin aja terus nilainya setinggi mungkin, kalo turun ya minimal dikit banget lah. Sebenernya satu yang paling penting adalah riwayat alumni SMA kamu yang masuk ITB ada apa ngga. Kalo ngga ya usahanya harus lebih keras lagi.

      Semangat! Semoga tercapai cita-citanya!

      Hapus
  18. kak mau lihat nilai rapot kk lah kirim email lah kak @asmauly9@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka disini aja yaa https://myitbadventure.blogspot.com/2017/06/berapa-nilai-rapor-agar-diterima-snmptn

      Hapus
  19. kak mau nanya, kalau nilai rata rata raport kakak berapa dari semester 1-5?? kakak masuk fakultas apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata2 sekitar 86-87, masuk fakultas FTTM tahun 2015

      Hapus
  20. kak mau nanya seputar beasiswa ITB,saya masih kelas 10 yang pengen banget masuk ITB,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sok atuh bisa dm di ig atau di askfm liat di kanan bawah kontaknya yahh

      Hapus
  21. kak, gue pen masuk ITB FITB tapi kmrn nilai bahasa inggris gue turun 6 poin:( mnurut kaka gimana hehe thx!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sikat aja kalo nilai bahasa inggris doang yang turun. Pastiin saingan kamu dibawah kamu nilainya ya hehe. Semangat!

      Hapus
  22. Ka gw kan mau bgt nih msk farmasi di ITB nah tpi kan hrs ada 2 pilihan ya, sekolahan gw di jakarta jdi kata bk, gw hrs pilih 1 univ di jakarta. Nah yg ada di jakarta farmasi di UI doang. Itu gmn tuh ka, gw hrs naro pilihan pertama di ITB/UI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut gua, pilih aja ITB di pilihan pertama. Kenapa? Karena kamu kan maunya masuk Farmasi ITB. Atau coba pikirin lagi, tujuan kamu masuk Farmasi ITB atau kuliah farmasi di kampus bagus. Soalnya secara ga lgsg kan seolah-olah menomor 2 kan UI hehe. Tp saran gua gas aja ITB pilihan pertama, UI pilihan kedua. Nothing to lose aja SNMPTN mah. Tapi tetep jangan lupa yahh kan ada bbrp faktor yg bisa kamu pertimbangkan.

      Hapus
  23. ka saya berminat banget ke sith sains itb snmptn , mau tanya2 kak ...

    BalasHapus