Apa Itu TPB ITB?




Apa itu TPB? TPB adalah tahap persiapan bersama. Pada tahap ini selama satu tahun atau 2 semester kalian akan belajar hal-hal mengenai dasar-dasar sebelum dapat lanjut ke fase jurusan.

Tapi biasanya TPB ini disebut “Tahap Paling Bahagia”. Karena pelajaran yang ada di TPB masih merupakan mata kuliah dasar yang pernah kalian ambil saat SMA. Jadi jika kalian sudah paham betul dengan materi-materi ini saat SMA maka tahap ini adalah tahap yang tidak sulit untuk dilalui.

Walaupun menurut gua pribadi justru tahap inilah yang cukup sulit. Sebab setelah lulus dari SMA gua sudah tidak ingin lagi bertemu mata kuliah ini lagi. Tapi apa daya, gua harus belajar demi IP yang mencukupi standar wkwk.

LATAR BELAKANG

Diadakannya TPB ini adalah karena selalu ada beberapa mahasiswa yang baru masuk ke jurusan ternyata tidak sreg dengan jurusan yang telah ia ambil. Sehingga dapat berujung kepada DO karena sudah malas mengikuti mata kuliah yang dijalaninya.

Tujuan daripada adanya TPB menghindari kesalahan mahasiswa dalam memilih jurusan, dan lebih memacu mahasiswa untuk berjuang mendapatkan jurusan idamannya. Selama masa TPB ini kalian bakal kuliah dengan teman satu fakultas.

Jadi kalian bakal lebih akrab tuh sama temen sefakultas walaupun nantinya bakal dipisah berdasarkan jurusan masing-masing.

HARUS DIPERHATIKAN!



Di TPB ini ada beberapa mata pelajaran yakni matematika dasar (calculus), kimia dasar, fisika dasar, dan lain-lain. Olahraga dan bahasa inggris juga akan ada hanya di tahap ini. Pada Tahap Persiapan Bersama (TPB) batas maksimal kelulusan adalah 2 tahun dengan IPK minimal 2,0. Jadi, jika ada mata kuliah yang belum lulus kamu harus mengulang dengan syarat nilai ‘lulus’ dan IPK minimal 2,0.

Nah tiap fakultasnya itu bakal beda mata pelajarannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu akan ada yang namanya mata kuliah fakultas. Mata kuliah fakultas ini adalah mata kuliah tentang pengenalan jurusan. Sehingga pada saat penjurusan nantinya kalian tidak akan bingung dalam memilih jurusan yang kalian inginkan. Biasanya tiap orang akan mengalami perubahan pilihan jurusan.

Penjurusan ini ditentukan pada kuesioner terakhir yang akan disediakan di website ITB. Nantinya bakal ada 3x kuesioner. Berdasarkan pengalaman, orang yang awalnya bakal milih jurusan A tiba-tiba bisa saja berubah pikiran menjadi jurusan B setelah mendapatkan banyak pengetahuan tentang jurusan.

TPB adalah tahap akademik yang agak sulit tapi adalah masa yang menyenangkan karena tidak ada beban organisasi dan lainnya. Intinya nikmati masa TPBmu dengan sebaik mungkin, sebab kalo udah jurusan gabakal bisa diulang hehe.



26 komentar:

  1. kuliah itu ga sulit!
    yg sulit individunya sendiri yg terjangkit virus malas.
    hehe
    salam kenal om

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan, rata-rata disini yang kesulitan itu karena malas

      Hapus
  2. Waah makasih kak, blognya sangat membantu!~

    BalasHapus
  3. Untuk pelajaran olahraga, apa aja yang dipelajarin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tentang kebugaran dan kesehatan jasmani, terus olahraga kaya biasa aja nanti ada tes lari dan renang

      Hapus
  4. Kalau dulu SMA jurusan IPA, terus keterima di SBM ITB, nnti TPBnya (kimia dasar, fisika dasar, dll) masih termasuk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamasuk, nanti dapetnya matematika bisnis dan matkul pendukung lainnya

      Hapus
  5. tes renangnya gimana ya kak ? klo gk bisa renang apakah ttp dites renang di kolam dgn kedalaman 2 meter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ada kolam 3-5 m dan 1,2 m. Paling kamu ke yg 1,2 meter (biasa disebut kolam C karena nilai renangnya nanti C katanya wkwk). Tapi tenang aja kalo nilai lari kamu A pasti A juga nilai matkul olahraganya.

      Hapus
  6. kak apakah nanti kalau nilai kita nggak paling tinggi sefakultas (tapi pada batas wajar), apakah kita bisa tetap milih jurusan paling top di fakultas? atau kita bakal dipaksa ke jurusan lain karna nilai ga mencukupi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti nilai kalian di ranking dan tiap jurusan ada kuotanya. Jadi kalo ga mencukupi ya pindah ke pilihan kedua dst

      Hapus
  7. Berarti ini kuliahnya selama 5tahun dong kak/gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kuliah jurusannya 3 tahun kok jadi tetep 4 tahun

      Hapus
  8. Kak, klo misalnya kita pilih fakultas sith-s, IPK utk mata kuliah fisika dan kimianya harus tetap diatas 2,0. yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPK itu untuk keseluruhan, bukan hanya di salah satu mata kuliah. Tapi memang di mata kuliah yang wajib seperti MA, FI, KI nilai minimumnya adalah C (bisa dikatakan indeksnya 2,0 sih)

      Hapus
  9. maksudnya kalo awalnya milih jurusan A tapi ketika TPB nilainya jelek maka akan dimasukkan ke jurusan B ?? begitu ? salam .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyataan kamu bener. Cuma yang gua maksud dicerita itu bukan gitu. Yang gua maksud misal anak FTTM ngomongnya pengen masuk T. Perminyakan, eh tiba2 kuesionernya ngisi T. Metalurgi. Kenapa? Ya mungkin berubah pikiran karena makin banyak tau. Begituu hehe

      Hapus
  10. Tes olahraganya renang dan lari doang?

    BalasHapus
  11. ka kalau fsrd TPBnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca disini ya -> http://tpb.fsrd.itb.ac.id/?page_id=33

      Hapus
  12. Kak, apa berenang jd penentu kelulusan? Bagaimana dengan yg tidak bisa berenang sama sekali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persen renang itu kecil aja kok, temen gua dulu gabisa renang tapi larinya 11 menit dapet A hehe

      Hapus
  13. Kak, misalnya kalo aku pengen fitb nanti tpb matkul wajibnya gimana?? Terus berati nanti ada matkul pendukung gitu yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matkul wajib FITB sama kok kaya FTTM kalo mafikinya. Betul, matkul pendukungnya disesuaikan sama kebutuhan fakultas masing2.

      Hapus