Parade Wisuda di ITB




Kali ini gua mau bahas tentang parade wisuda di ITB. Apa itu Parade Wisuda? Dan kapan aja parade wisuda ini diadakan?

Parade Wisuda adalah acara yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa S1 ITB khususnya untuk mengiringi teman-teman yang telah diwisuda. Acara ini dilakukan setiap bulan wisuda ITB, yaitu Wisuda April, Wisuda Juli, dan Wisuda Oktober. Parade ini biasa juga disebut arak-arakan, tujuannya adalah memberikan apresiasi kepada wisudawan yang sebelumnya telah berkuliah di ITB.

Jadi di ITB sendiri seperti yang udah gua sebut diatas, punya bulan-bulan wisuda. Nah buat yang belum tau jadi gua jelaskan nih kenapa ada beda-beda. Setiap wisuda mempunyai paradigma tertentu, untuk setiap bulan kelulusannya.

Wisuda di ITB

Wisuda April adalah untuk mahasiswa yang bisa lulus sangat cepat atau lulus lambat. Untuk bisa lulus April, di beberapa jurusan hal ini tidak memungkinkan. Misalnya di jurusan gua Teknik Pertambangan, tidak ada orang yang boleh lulus April cepat karena sistem. Sedangkan untuk lulus April lambat, ada banyak faktor yang mempengaruhi sebab tujuan tiap orang untuk lulus adalah berbeda-beda. Bisa saja karena memang kendala akademik atau bisa juga karena ingin belajar lebih banyak atau ingin menjaga nilai di organisasi yang dia emban.

Wisuda Juli adalah untuk mahasiswa yang lulus cepat dan bisa dikatakan objektif karena setiap jurusan punya kesempatan yang sama. Meskipun bukan tidak mungkin ada yang lulus Juli lambat. Biasanya orang yang lulus Juli adalah karena ingin cepat-cepat lanjut ke jenjang karir. Oiya mahasiswa yang mengikuti program fast track juga diwajibkan lulus bulan Juli. Untuk lulus Juli lambat sepertinya cukup jarang. InsyaAllah gua lulus juga bulan Juli 2019. Aamiin.

Wisuda Oktober adalah kelulusan tepat waktu. Untuk mahasiswa yang santai tapi pasti atau sekedar ingin lebih lama sedikit bercengkrama di kampus wisuda Oktober ini sangat cocok. Kebanyakan mahasiswa di ITB lulus pada bulan ini.

Nah setelah gua jelasin tentang ketiga Wisuda diatas mungkin kalian bertanya siapa yang mau repot-repot mengurus acara wisuda ini?

Jawabannya adalah anggota himpunannya dan mungkin unit. Setiap orang yang sudah berkarya di himpunan terutama karena wisuda diurutkan berdasarkan jurusan, mendapat apresiasi sebesar-besarnya dari anggota himpunan. Hal ini terus-menerus berlanjut hingga menjadi sebuah budaya yang selalu ada setiap tahun.

Untuk di pusatnya sendiri diatur oleh panitia wisuda yang anggotanya adalah mahasiswa S1 ITB, ketua Wisuda diseleksi oleh suatu tim yang gua memang gapengen tau juga itu tim apa. Dengan adanya sinkronisasi ini maka bisa terlaksanakanlah wisuda yang harmonis.

Buat kalian yang pengen liat parade wisuda bisa ditanya ke temen atau saudara yang ada di ITB dan ikuti alurnya. Ya segitu aja dari gua semoga menambah wawasan.



0 komentar: