OHU, Momen Tepat Memilih Unit Kegiatan Mahasiswa




Oke setelah kemarin gua cerita tentang pengalaman OSKM pada tahun 2015, kali ini kita bakal lanjut ke kegiatan selanjutnya yaitu OHU.

Beberapa hari setelah OSKM, ada kegiatan yang namanya OHU. OHU adalah singkatan dari Open House Unit. Pada kegiatan OHU ini, setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat dan mendaftar ke semua unit kegiatan mahasiswa yang ada di ITB.

Pada tahun 2015, OHU ini diadakan di sekitar boulevard ITB. OHU saat itu benar-benar ramai karena hampir semua mahasiswa mencari tenpat untuk dapat mengembangkan diri sesuai minat dan bakatnya. Oiya, pada OHU saat itu, semua mahasiswa baru menggunakan kaos angkatan 2015 yang mana sekarang sudah tak tau kemana.

Saat itu gua lupa tanggalnya, kelompok kami yaitu kelompok 36 berkumpul terlebih dahulu di depan LFM. Setelahnya, kami diberikan keleluasaan untuk mendaftar di unit manapun sampai jam setengah 12. Sebab pada jam 12 kami akan melakukan foto bersama. Saat itu kelompok kami terpisah, semua orang berkumpul dengan teman-teman mainnya begitupun gua. Kembali ke habitat FTTM Jakarta.

Hal yang pertama gua incar adalah di bidang olahraga. Sebenernya gua udah ngerencanain pengen masuk ke unit Taekwondo atau Pencak Silat. Namun saat gua ke stand, entah kenapa gua merasa yang masuk unit ini hanyalah yang sudah bisa. Ya gua secara ga langsung ngerasa minder, karena rencana gua masuk ke unit bela diri adalah melatih bela diri gua. Jujur gua orangnya tipe pemalas karena jarang olahraga. Tapi tenang aja, ini kayanya cuma pandangan subjektif gua kok.

Nah intinya setelah gua merasa kurang pantas, gua cari unit olahraga lain yang kira-kira kita sama-sama mulai dari nol. Dan gua melihat ada Ganesha Touchdown, eh bukan gitu deh ceritanya. Jadi saat gua kumpul sama temen-temen Jakarta, ada salah satu temen gua yang ngajakin buat kita bareng-bareng daftar Ganesha Touchdown. Makanya akhirnya kita daftar Ganesha Touchdown bareng hehe.

Setelah Ganesha Touchdown gua ga daftar unit apa-apa lagi, sebenernya agak penasaran sama unit-unit terkait teknologi. Tapi entah kenapa ada rasa kurang sreg aja.

Di OHU ini semua unit kegiatan mahasiswa membuka stand. Total unit di ITB setahu gua ada sekitar 86 unit. Mungkin kalo gua bagi klasifikasinya ada 5 bidang:

1. Olahraga
2. Kesenian
3. ‎Kebudayaan
4. ‎Teknologi
5. ‎Inovasi

Pada OHU angkatan gua juga ada doorpize nih, jadi untuk mendaftar unit itu kan kita harus bayar. Setiap unit berbeda biayanya, nah kita akan mendapatkan stiker nih dari tiap unit. Jika ada yang berhasil mengumpulkan semua stiker, akan mendapatkan doorpize handphone. Setau gua bahkan ada loh yang berhasil ngumpulin semua stiker, hebat yah. Wkwk.

Setelah asik muter-muter liat stand dan jajan-jajan. Kelompok kami pun berkumpul kembali di depan LFM untuk selanjutnya berfoto bersama di basement CC Timur. Dan setelahnya saya langsung pulang tidur. Enak bat.

Oke mungkin segitu aja yang bisa gua ceritain tentang OHU, manfaatkan OHU ini sebaik mungkin karena unit bisa menjadi keluarga ke-2 atau ke-3 kalian. Semoga bermanfaat.



0 komentar: