OSKM, Pengenalan Kampus Paling Awal di ITB




OSKM, buat yang belum tahu OSKM bisa langsung baca di link berikut:
http://myitbadventure.blogspot.com/2017/06/apa-itu-oskm-atau-integrasi-itb.html

Hal yang pertama kali tergambarkan dipikiran saat mendengar kata-kata OSKM adalah keseruan dan kegembiraan. Gua yang masuk ke FTTM ini seorang diri, tanpa mengenal siapapun pada awalnya. Ikut gathering dan sksd dengan mahasiswa lain dari daerah Jakarta menjadi alat untuk gua bersosialisasi.

Beberapa hari sebelum perkuliahan dimulai, OSKM digelar menyambut mahasiswa baru untuk berkumpul dengan banyak mahasiswa di fakultas lain yang mungkin belum saling mengenal dan sebagai sarana orientasi tentang kampus ITB. Wah, bakal nambah banyak teman nih sepertinya. Dan benar saja, sebanyak 15-20 mahasiswa baru dikumpulkan dalam satu kelompok.

Gua dapat di kelompok 36, terdiri dari berbagai macam fakultas. Dan terdapat 3 orang mentor, namun hanya 2 orang yang sering datang. Awal perkenalan rasanya canggung, sksd adalah hal yang wajib. Hari terus berjalan, dan kami menjadi agak dekat.

Saya kira cukup kata-kata klise yang sepertinya indah itu ya wkwk. Mungkin kalian akan merasa kenal saat masih satu kelompok, tapi kalo udah mulai kuliah masing-masing waduh jangan kaget kalo dilupain. Ya, ini terjadi pada gua pribadi. Dari belasan orang yang satu kelompok sama gua, hanya 5 orang yang sampai saat ini nyapa kalo ketemu. Wajar aja gua yang belum punya banyak temen pasti inget mereka. Sedangkan mereka yang teman SMA atau lesnya sudah banyak pasti lupa. Tapi nikmatin aja ya, memang seperti itulah adanya.

Tapi memang saat menjalani OSKM itu rasanya senang dan bermanfaat, hanya saja yang mau gua tekankan disini adalah kalian harus siap dengan kenyataan yang pasti akan kalian lalui. Maaf banget gua gabisa nyeritain ngapain aja waktu OSKM. Jujur gua lupa pastinya ngapain aja waktu OSKM. Yang jelas ada seminar, pemberian materi, pengenalan massa kampus, dan penutupan. Mungkin lebih lengkapnya ada di artikel yang linknya udah gua bikin diatas.

Oiya ada beberapa hal menarik nih tentang OSKM. Gua kasih tau aja biar ga kaget.

  • 1. Pada saat pemberian materi, jangan kaget kalo materinya lebih condong ke kaderisasi daripada pengetahuan saintek. Karena kaderisasi adalah budaya kampus.
  • 2. ‎Akan ada yang namanya lorong massa, kalian akan disambut dengan meriah. Ya meriah sebagai anak kaderan. Jangan kaget kalo ga sesuai ekspektasi hehe.
  • 3. ‎Ada sesi yang namanya interfak (interaksi fakultas). Pada sesi ini kalian akan dikumpulkan menjadi satu fakultas di beberapa tempat, flow interaksi ini bisa dari 0 (ketawa-ketiwi) - 100 (disuruh mikir dan pressure dimana2) tergantung metode fakultasnya.
  • 4. ‎Biasanya ada surprise saat sedang berkumpul di lapangan saraga, kalo jaman gua dulu pak rektor turun ke lapangan pake helikopter.
  • 5. ‎Saat pagi berkumpul di lapangan saraga akan ada pengecekan spek. Siapkan spek dengan lengkap, bukan tidak mungkin hal yang aneh-aneh bisa jadi spek.




0 komentar: