Perjuangan Lolos SNMPTN Tidak Semudah Itu - SD




Hello hello bandung, kali ini gua bakal lanjutin lagi cerita pengalaman gua setelah beberapa artikel terakhir berisi tentang ITB.

Jadi mungkin kalian udah baca cerita gua kenapa bisa kepikiran masuk ITB, linknya disini -> http://myitbadventure.blogspot.com/2017/04/kepikiran-masuk-itb.html. Nah mungkin di beberapa cerita gua terasa seperti semuanya berjalan dengan mulus dan mudah. Maka dari itu kali ini akan gua ceritakan gimana gua melewati masa-masa sulit untuk mendapatkan warna hijau di seleksi SNMPTN. Cerita ini akan gua mulai dari gua SD.

Jadi sejak kecil gua udah pernah ngerasain jaman susah saat kemana-mana naik motor bonceng 4 sampai sekarang yang Alhamdulillah berkecukupan.

Sejak TK sampai SD gua pergi ke sekolah jalan kaki, jarang banget diantar. Wajar sih, gua sebagai anak pertama dan cuma punya kesempatan 4 tahun untuk menjadi prioritas utama sebelum adik gua lahir. Makanya gua harus sedikit mandiri sejak kecil.

Saat gua TK, gua ambis banget. Terutama pelajaran matematika, dulu gua selalu minta PR kalau gaada dan nambahin PR sendiri kalo ngerasa kurang. Tapi gua tetep main sebagaimana anak-anak lainnya cuma bedanya kalo gua selalu tidur siang.

Alhamdulillah dulu atau mungkin sampe sekarang gua agak pendiam, jadi waktu gua kecil selalu nurut ortu dan jarang menyusahkan. Beda dengan adik ke-2 dan ke-3 gua sekarang yang kadang suka ngambek dan beli apa-apa pasti diturutin.

Saat SD gua kelas 1-2 gua ga se-rajin TK. Alasannya karena temen TK dan main gua masuk kedalam sekolah yang sama, jadi lebih sering mainnya. Kelas 2 semester genap lebih beberapa bulan, ternyata ayah gua dipindah tugaskan. Wajar saat itu masih perwira pertama jadi harus banyak cari pengalaman. Ada 2 kemungkinan saat itu, antara ke Banda Aceh atau Jayapura. Dan dapat surat perintah untuk ke Jayapura.

Gua inget bulan september tahun 2004 kami pindah, ibu gua sedih banget. Ya, jaman dulu atau mungkin sampai sekarang pandangan orang tentang Jayapura adalah jauh tertinggal. Padahal nyatanya tidak jauh berbeda dengan kota kecil di pulau Jawa.

Kami pindah naik kapal laut, butuh 5-7 hari untuk sampai ke Jayapura. Pesawat mahal cuy dulu wkwk. Sampai disana langsung diantar ke mess. Ya, mess bukan rumah dinas! Bentuknya kaya kos-kosan dan kami hanya mengisi satu kamar. Sebab saat itu ada sepertinya ada sedikit masalah terkait penugasan ayah.

Selama kurang lebih 3 bulan kami tinggal disana. Aku pun lanjut bersekolah disana, 3 bulan dan dapat ranking 7. Hoki uga. Sekolah ini menurut gua lebih bagus karena ada pelajaran Bahasa Inggris, masa SD gua yang di bandung malah gaada pelajaran Bahasa Inggris nya wkwk.

Oiya ada hikmah dibalik pindahan ke Jayapura. Ternyata Desember 2004, Aceh terkena bencana gempa dan tsunami. Ya, setelah kejadian itu ibuku langsung bersyukur. Ia jadi lebih yakin bahwa Allah sudah mengatur semuanya.

Setelah 3 bulan di kamar sempit yang diisi 4 orang, akhirnya ayahku dipindahkan ke Sentani dan mendapat di rumah dinas. Letak rumah dinas berada di dalam batalyon. Banyak sekali peraturan di batalyon, mulai dari jam malam, harus berhenti ketika sirine berbunyi dan macam-macam lainnya.

Rumah dinas ini cukup besar, punya halaman depan cukup dan di halaman belakang ada pohon kedondong berukuran besar dan tinggi. Ada juga pohon coklat, rasa buahnya lumayan enak namun seinget gua gaada rasa coklat-coklatnya. Seberang rumah ada lapangan bola. Dan kantor ayah gua cuma 100m dari rumah.

SD gua cukup jauh dari rumah, mungkin sekitar 1,5 kilometer. Alhamdulillah disini selalu dapet ranking 1. SD Abeale 1 namanya, disini mainannya banyak yang tradisional. Ya walaupun di rumah gua tetep main PS2. Gua sering nyari ikan, main di selokan (bersih soalnya wkwk), gatrik (cari google kalo gatau), metikin buah (di halaman belakang ya bukan maling) dll. Ada minusnya yaitu SD ini sering tawuran.

Sekitar 1,5 tahun ayah gua dipindah ke Kodam XVII. Dan akhirnya tinggal di daerah Kotaraja. Kalo orang yang tau sekitar ini rumah gua di Bucen. Rumahnya lebih kecil, tapi lebih enak daerahnya.

Pindah SD lagi, dan lagi. Tapi ini yang terakhir hehe. SDN Kotaraja, dulu sempet jadi SD bertaraf internasional gatau karena kenapa wkwk. SD nya sebelahan sama SD Inpres. Jadi setengah2 gitu gedungnya ya tapi lumayan luas.

Di SD ini gua kenal temen yang jadi rival gua namanya Angga Danu. Dulu kalo sekelas ranking 1 nya ganti-gantian sama dia. SD ini gua rasa adalah SD paling banyak orang transmigrannya dibanding yang lain.

Oiya si Angga ini sekarang beda bidang sama gua. Dia di Hubungan Internasional UNPAR sekarang dan sangat aktif di organisasi kemasyarakatan. Mantap ga kaya gua wkwk.

Kalo bisa dibilang temen-temen yang masih gua inget waktu SD ya disini aja. Lupa euy SD sisanya hehe. Di SD ini juga gua pernah ikut lomba cerdas cermat se-Jayapura dan alhamdulillah juara 3. Modal baca atlas sama buku pelajaran.

Oiya, disini seriusan toleransinya oke punya. Walau ada kekurangan yaitu pura dan wihara hanya ada di beberapa tempat. Di komplek gua tinggal, tiap minggu ada pengajian namun ada juga ibadah bagi yang nasrani. Rumah gua juga lebih deket ke gereja daripada masjid. Tapi jarang-jarang ke gereja sih wkwk.

Ada pengalaman mencekam pernah gua alami juga disini. Yaitu saat OPM sedang gencar-gencarnya. Waktu gua berangkat ke sekolah, akhirnya pada dipulangkan. Soalnya di depan sekolah udah dijaga oknum orang Papua yang bawa busur dan panah.

Hoax-hoax pun muncul, ibu gua langsung packing barang berharga karena takut rumah di bom. Mall dan supermarket pun pada tutup. Berita penembakan di daerah sekitar masuk tv dan lain-lain. Paling khawatir adalah isu bahwa mobil tentara di sweeping, karena ayah gua ke kantor pake mobil dinas dan saat itu hari hampir malam dan belum pulang. Untungnya ga kenapa-napa, dan memang cerita ayah gua jalanin sepi bet.

Kekurangan gua di SD ini adalah gua gatau kalo UN itu berguna. Gua pikir UN itu semacam ulangan harian. Dan alhasil NEM gua 24,1. Yang nantinya bakal jadi beban saat gua kembali ke pulau Jawa.

Bisa diliat kalo alur hidup gua ga selancar itu kan?

Segitu dulu ya cerita pengalaman gua selama TK-SD. Sebenernya banyak cerita-cerita lain yang masih teringat di kepala. Tapi gua rasa cerita diatas udah cukup menggambarkan apa yang ingin gua sampaikan. Tunggu cerita selanjutnya ya!



4 komentar:

  1. Bang, Ada idline gak? Gw mo nanya2 nih seputar snmptn,, ditunggu ya Bang jawabannya

    BalasHapus
  2. Ini lanjutannya gimana mas?penasaran euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutannya langsung ke SMP hehe

      Ini linknya kalo belum nemu: http://myitbadventure.blogspot.com/2017/09/perjalanan-hidupku-smp-part-1.html

      Hapus