Perjalanan Hidupku - SMP (Part 2)




Oke bos-bos, kali ini gua mau lanjut cerita tentang pengalaman gua waktu SMP. Melanjutkan cerita kemarin dimana gua akan pindah.

Beberapa hari saat persiapan kepindahan ayah gua masih bingung milih di UI atau UGM. Sebab beasiswanya itu ada 2 pilihan. Dan pada akhirnya ayah gua memilih di UGM. Sekalian rehat dari kerjaan katanya, cari suasana yang tenang.

Nah setelah masalah kebingungan ayah gua selesai, sekarang masalah ada di gua. Dimana gua lanjut sekolah?

Orang tua gua pun mengatakan bahwa gua akan melanjutkan sekolah di Bandung dan tinggal bersama nenek. Sampai akhirnya setelah kami pindah, sementara tinggal di Bandung karena kami tidak punya tempat tinggal pribadi.

Setelah pikir-pikir panjang akhirnya ortu memutuskan gua ikut ke Yogyakarta. Dan gua pun manut (ngikut) aja, apalagi pilihan sama ortu pasti lebih nyaman dibanding nenek.

Ya, petualangan baru lagi. Gua harus mulai semuanya dari awal lagi. Pertama kali ke Yogyakarta kami mengontrak rumah terlebih dahulu sembari mencari lokasi rumah yang nyaman. Saat itu dapat di daerah Jalan Raya Tajem. Kalo sering ke stadion Maguwoharjo pasti tau.

Oiya ada yang lupa gua ceritakan, yaitu ibu gua sedang hamil saat kami pindah dari Jayapura ke Yogyakarta. Dan saat beli tiket pesawat pun ayah gua melobi supaya ibu gua bisa ikut. Sebab ibu hamil tidak disarankan untuk perjalanan pesawat. Alhamdulillah gaada masalah apapun yang ibu gua alami. Dan adek ke-2 gua lahir bulan September 2009.

Lanjut lagi, saat di Jogja itu gua belum mendapatkan sekolah. Gua daftar di SMP negeri sekitar dan gaada yang mau nerima. Hmm. Alasan mereka adalah rapor gua belum ada, yaiyalah wkwk.

Untungnya si pemilik kontrakan ini mantan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah. Dan oleh dia disarankan ke ayah gua agar dimasukkan ke SMP Muhammadiyah 3 Depok (depok, sleman ya ini).

Akhirnya setelah cukup lama menanti, gua dapat SMP. Sekolahnya cukup jauh, sekitar 8 km dari rumah. Tiap pagi gua diantar sampai tempat ngetem bus, di lotte ringroad utara. Lalu naik bus a3 atau d6 sampai ke jalan gejayan.

Disekolah ini, gua Alhamdulillah peringkat 1 atau 2 tiap semesternya. Ya walaupun pertama kalinya masuk sekolah Islam, untungnya gua bisa bertahan. Memulai sekolah dari awal tahun adalah sebuah kebahagiaan menurut gua. Karena kali ini, gua bener-bener punya teman yang masih ingat sama gua.

Jadi murid pindahan ga gampang, awal masuk logat gua masih ke-Papuaan ternyata wkwk. Sering lah diejek sumber air sudekat (kebetulan hype-nya lagi tinggi tuh). Dan kelas gua isinya anak-anak rada bandel gitu lah. Biasa mereka ajarin gua nyebut bahasa kasar tapi gua ogah lah wkwk. Udah berapa kali pindah selalu gitu pasti diajarinnya bahasa ga bener mulu jadi gua udah nebak walau gatau artinya.

Tapi mereka baik sama gua, untungnya gua pendiem dan ga banyak gaya. Jadi mereka juga ga ngebully gua. Terus gua kebetulan kadang ngebantu yang bandel-bandel ujian. Jadi mereka tetep bisa lulus, biasanya kalo minta jawaban pasti ada yang gua salahin jawabannya. Maaf ya kalo ada temen SMP yang baca tulisan gua ini wkwk.

Lalu sejak kelas 7 semester 2 gua jadi anak warnet atau gamenet lebih tepatnya. Pertama kali dikenalin sama PB. Lumayan kacau lah dulu gua gara-gara main game ini. Tapi akademik tetap aman hehe.

Mungkin kalo boleh gua rangkum kelas 7 ini adalah kelas bandel, gua minoritas jelas wkwk. Kelas 8 lebih ke kelas main, sering diajakin temen buat main kemana-mana. Dan kelas 9 kebetulan kelasnya digabung yang akademik grade A sampai grade lainnya. Sehingga kelas 9 ini paling alim tapi gua juga tengah-tengah lah wkwk. Dan mulai cukup vokal di kelas.

Banyak lah cerita gua disini, secara tiga tahun ga kepotong-potong kan. Semua genre ada pengalaman gua disini. Cuma jangan gua ceritain dah, banyak yang privasi juga waktu SMP hehe. Gabakal gua lupain lah SMP yang satu ini.

Oiya gua lupa, sekitar 1 tahun ngontrak akhirnya ortu beli rumah di daerah Tridadi. Pindah lagi tuh. Deket stadion Tridadi. Jadi sejak kelas 8 semester 2 gua juga diantar sampai terminal Jombor, baru naik bus sampai ke SMP di jalan Gejayan. Kalo gua gasalah jaraknya lebih jauh lagi daripada dari tempat lama.

Sempet gua ikut test buat pindah ke SMP 1 Sleman, salah satu SMP terbaik se-DIY. Tapi ga lolos, susah coy tesnya mana pake bahasa Inggris soalnya wkwk. Tapi adek pertama gua SMP disini cuy waktu gua SMA, pinter emang sih dia.

Mari kita skip langsung ke nilai UN, oiya saat tryout nilai gua mulai dari nem 29 di awal sampai akhir tryout nem 35. Wajarlah, makin lama pasti makin berkembang pemikiran orang. Dan saat kelulusan Alhamdulillah gua jadi lulusan terbaik. Walaupun NEM gua sama kaya temen gua sekelas yaitu 37,10.

NEM yang sebenernya dibawah ekspektasi gua, tapi ya terima ajalah hasilnya. Dan menurut gua sih masih ga jelek-jelek amat. Setelah lulus, gua pun melanjutkan lagi ke SMA di Jogja.

Menurut kalian nilai gua cukup kah untuk masuk sekolah favorit???

Yaudah untuk pengalaman SMA gua cukupkan sampai disini, sebenernya banyak banget yang bisa gua ceritain tapi kurang bermanfaat kalo gua post disini. Mungkin segitu dulu ya, semoga bermanfaat!



1 komentar:

  1. Maaf kak aku ngakak waktu baca "sumber air sudekat" 😭👍 tapi bukan maksud gimana-gimana yaa kak. Terimakasih udah membagi pengalamanya, Sukses dan bahagia selalu!

    BalasHapus