Apa itu OSKM atau Integrasi ITB?




Apa itu OSKM ITB?

Mungkin banyak dari kalian yang masih dibangku SMA belum mengetahui apa itu OSKM. OSKM ITB adalah singkatan dari Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung. OSKM ini diadakan setiap tahunnya dengan tujuan memperkenalkan mahasiswa baru ITB tentang apa itu mahasiswa dan dasar-dasar pengetahuan dari kegiatan berkemahasiswaan.

OSKM ini adalah nama yang dipilih oleh Presiden KM ITB dan dengan pertimbangan petinggi kabinet maupun kongres. Pada tahun 2016, namanya diubah menjadi Integrasi. Karena dianggap lebih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini.

Alasan dan Tujuan

Diadakannya orientasi studi ini memiliki alasan dan tujuan yang jelas. Yang utama adalah memperkenalkan mahasiswa baru tentang ITB. Namun yang dibawakan oleh orientasi ini bukanlah materi yang sifatnya 'akademik' melainkan lebih ke menyadarkan mahasiswa baru bahwa mereka bukanlah siswa lagi, tetapi sudah menjadi mahasiswa.

Tujuan khusus kegiatan ini tiap tahunnya dapat berubah sesuai dengan apa yang ingin dibawakan si ketua orientasi. Biasanya tujuan diarahkan lebih ke permasalahan yang ada saat itu. Materi yang diberikan pun diusahakan atau mungkin seharusnya dapat mencapai tujuan.


Ngapain aja OSKM/Integrasi?

Biasanya orientasi studi ini dilaksanakan selama 3 hari. Sebenernya ga boleh nih kayanya kasih tau beginian, tapi gapapalah kan biasanya. Kalo tahun-tahun kedepannya jadi seminggu ya siapa tau. Nah tiap harinya akan ada materi yang berbeda sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai dalam 3 hari tersebut.

Sebelum orientasi studi ini dilakukan, akan ada pembagian kelompok terlebih dahulu. Biasanya ini bikin penasaran. Kan biasanya ada tuh cewe yang paling cakep di kampus dan biasanya cowo pada harap-harap satu kelompok wkwk. Nah pengelompokkan ini merupakan salah satu fasilitas dari panitia buat kalian menambah hubungan pertemanan.

Nah, kalo orientasi-orientasi kaya gini biasanya kalian wajib banget bawa 3 hal ini:
  • - Air Minum 1,5L mentah dan mateng
  • - Ponco (bukan jas hujan)
  • - Roti tidak kempes

Banyak juga bawa hal-hal lain yang pastinya punya esensi tersendiri. Ingat gaada perpeloncoan ya dalam OSKM/Integrasi ini hehe. Dan 3 hal tadi juga ada esensinya kenapa kalian harus bawa.

Hari pertama biasanya mahasiswa baru akan dikumpulkan di lapangan Saraga ITB. Sesuai dengan kelompoknya, nantinya akan ada 2-3 mentor dalam 1 kelompok. Mentor inilah yang akan menjadi pembimbing kalian selama orientasi studi.

Kegiatan di hari pertama zaman gua ada seminar atau apa itu namanya di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha). Dilanjutkan dengan muter-muter ke berbagai macam pos materi. Jalan kaki pastinya, ITB kan ga terlalu luas jadi kalian bisa sekalian ngelilingin kampus.

Hari kedua juga mirip-miriplah tapi gaada seminarnya. Pada hari kedua ini mulai mengerucut dari hari pertama yang materinya lebih umum. Materi tentang berkemahasiswaan mulai dijelaskan. Tapi gatau ya gua salah apa ngga, lupa. Yang jelas materi-materi ini penting buat 'keberlangsungan hidup' kalian sebagai mahasiswa.

Hari ketiga adalah hari penutupan. Tetap ada materi tapi yang lebih fokus ke penerapan materi dan evaluasi. Ya hari ketiga ini kalo seinget gua kayanya sama aja kaya hari-hari sebelumnya. Kuatkan mental aja.

Oiya ada satu hari lagi yaitu hari OHU (Open House Unit). Jadi pada hari OHU seluruh unit akan mempromosikan unitnya ke mahasiswa baru. Mahasiswa baru bisa mendaftar unit sebanyak yang mereka mau. Tapi daftar doang bukan berarti pasti diterima ya. Hari OHU biasanya paling rame.

Mungkin segitu dulu deh penjelasan tentang OSKM/Integrasi dari gua. Pokoknya dateng, pasti seru dan bermanfaat kok.



2 komentar:

  1. terima kasih kak🙌😊🙏 sudah menulis blog ini, bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan untuk persiapan sebelum proses yang sebenarnya hehe...salam kak dari ilma SITH-R 2021😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau blog ini bermanfaat. Salam kenal Ilma, semoga sukses dan berhasil menuntut ilmunya di ITB ya!

      Hapus