Lambang ITB dan Maknanya




Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan Indonesia dan dunia.
(Sumber: 09/SK/I1-SA/OT/2011)

Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik.
(Sumber: 09/SK/I1-SA/OT/2011)


Institut Teknologi Bandung sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia tentu saja punya ciri khas ataupun tanda pengenal yang berbeda dibanding perguruan tinggi lain. Salah satu hal yang dapat mewakili ciri khas tersebut adalah lambang.

ITB pun dalam membuat lambang institusinya tidak asal buat. Tidak hanya mementingkan estetika, sebab yang terpenting adalah esensi dari lambang tersebut yang akan mewakili ITB itu sendiri.

Lambang diatas adalah lambang Institut Teknologi Bandung, nah pada lambang ini ada beberapa hal yang memiliki makna tersendiri.

1. Ganesha



Ganesha dalam kebudayaan hindu adalah putra dewa Syiwa Parwati, yang juga sekaligus dewa ilmu pengetahuan. Ganesha sebagai lambang pengetahuan, mendekati sifat kehidupan di ITB.

2. Teratai



Teratai merah (padma), yang pada lambang digantikan dengan buku yang didudukinya, melambangkan sumber ilmu pengetahuan.

3. Mata



Mata (seharusnya berjumlah tiga) melambangkan ketajaman pandangan dan ketelitian untuk penyelidikan kebenaran.

4. Kapak



Kapak sebagai tanda pengenal bahwa ia adalah putra Syiwa.

5. Tasbih



Tasbih tanda kebijaksanaan.

6. Selendang



Selendang sebagai tanda kesucian.

7. Gading




Gading yang dipatahkannya sendiri sebagai alat untuk mengatasi hambatan. Menunjukkan pengorbanan diri untuk memecahkan masalah-masalah yang mrintangi kemajuan ilmiah.

8. Cawan



Cawan adalah tempat ia makan. Melambangkan ilmu yang tiada habis-habisnya yang dihimpun pada diri Ganesha.

Sumber: Buku Sakti OSKM ITB 2015



0 komentar: