Lulus dari ITB Langsung Kerja?




Hai guys hehe gua lagi belum mood buat nulis tentang cerita pribadi jadi kali ini lebih ke berbagi pengalaman aja. Dan cerita yang gua kali ini pengen ceritain adalah tentang harapan setelah dari ITB. Yak ceritanya tentang apakah lulus dari ITB langsung kerja??? Atau tetep nganggur-nganggur dulu. Tentunya perspektif ini dari jurusan Teknik Pertambangan yaaa. Kalo dari jurusan lain mungkin bisa jadi lebih cepet atau lebih lama lagi hehehe.

Kalo gua inget-inget, dulu pertama kali gua kepikiran kuliah itu sekitar kelas 2 SMA. Sebelumnya adalah sekolah kedinasan bisa kalian baca di post gua yang tentang 3 pilihan kalau mau lebih detil atau klik langsung disini -> here.

Oil / Gas / Energy / Mining Average Salaries in Indonesia 2020 ...
salaryexplorer.com

Nah waktu pertama kali kepikiran kan langsung di bidang sumber daya lah kalo ga perminyakan ya pertambangan karena apa? Karena gaji yang katanya gede tentunya wkwk. Padahal sekarang startup mayan juga sih cuma bedanya orang lapangan keluar duit pas cuti/off aja hehe. Kalo udah mikir gaji gede gimana caranya digaji? Ya kerja. Kalo yang wirausaha mah kan bukan gaji yak orang jadi bosnya hehe.

Jadi industri pertambangan itu ga semulus paha ayam. Tiap tahun bisa bergejolak entah harga naik atau turun. Kebijakan pemerintah dan internasional bisa ngaruh banget ke industri ini, ya ambil contoh saat ini corona beberapa negara ada yg lockdown jadi ngurangin impor batubara. Tahun 2018 waktu itu industri cukup bagus. Kakak kelas gua banyak yang masuk perusahaan top tier tambang. Kita yang cuma beda setahun positif dong karena kan asumsinya ga bakal seberubah itu. 

Indonesia's Mar HBA reference price down 1.95% MoM on coronavirus ...
sxcoal.com

Tapi kenyataannya Juli 2019 saat kami lulus industri ternyata ga cukup baik. Yang masuk perusahaan top tier ga banyak. Karena program-programnya juga yang sementara di hold. Rata-rata dapat pekerjaan itu di akhir 2019-an dari bulan Juli ya nganggur 4-5 bulan lah. Dan ga semuanya dapat di industri tambang. 

Gua termasuk salah satu yang beruntung. Wisuda tanggal 20 Juli, 1 Agustus gua dapat kesempatan jadi 3rd party (semacam konsultan) di perusahaan tambang top tier tapi posisinya HSE. Syukurnya bayarannya cukup gede walaupun cuma magang dan banyak benefit lain lah karena kita kerja di Head Office. Banyak dapat kenalan juga yang ga main-main jabatannya. Bayangin kerja langsung di bawah GM sama direktur hehe. Sebenernya gua nyaman banget kerja disini karena emang jadi Project Engineernya untuk program-program HSE. Tapi mengingat umur masih muda kayanya kurang menantang aja dan memang gua punya tujuan yang lain.

Oiya selama gua setelah sidang itu ada interview sekitar 6 perusahaan lah yang top tier. Akhirnya dapat 1 yang sekarang gua jalanin dari bulan Februari 2020. Berharap sama program MT ini supaya bisa dapet karir yang bagus hehe doain yakk. Tentunya ikut program MT beda sama waktu di perusahaan sebelumnya. Kita banyak dibekali materi tapi eksekusi belom banyak. Sedangkan waktu dulu eksekusi terus materinya sambil berjalan hehe.

3rd party at GEMS

Coordinator Operation at CK


Angkatan gua kayanya agak kurang beruntung karena pas lulus Juli lowongan agak kurang terus ditambah covid ini makin terpuruk lagi. Yah namanya rezeki gaada yang tau. Btw gua muter-muter ceritanya yak monmaap. Intinya baca ini baik-baik lulus dari ITB ga menjamin kamu langsung dapet kerja. Sama aja kaya yang lain harus ada perjuangan, ada persiapan, ada kegagalan. Bedanya ya ada nilai plus mungkin yah waktu seleksi berkas. Ibaratnya dari 5 tahap udah lolos 1 lah tinggal siapin 4 nya aja. *walaupun gua pernah ga lolos berkas sih wkwkw.

Yaudah gitu deh yaaa intinya jangan berharap sama kampus, berharap sama diri sendiri. Yang bikin seseorang hebat itu dirinya sendiri bukan universitasnya. Adios!


3 komentar:

  1. Semangat terus bangg 👍👍

    BalasHapus
  2. semangad kakak....

    BalasHapus
  3. Mantap kak👍👍👍 do'ain yaaa supaya Aku jadi maba FTTM-ITB tahun ini aamiin

    BalasHapus