Terpaksa Ikut Ujian Perbaikan




Kali ini gua bakal bahas mengenai ujian perbaikan alias UP. Jadi gua mengalami UP pertama gua itu pada semester dua jaman TPB.

Pertama kali masuk, menurut gua matkul paling susah adalah kalkulus. Karena kimia dan fisika masih mirip2 bgt sama waktu SMA. Begitu masuk semester dua, tetep yang paling susah kalkulus. Cuma ada masalah yakni dosen kimia gua pak Robby diganti sama pak sebut saja Mawar. Nah bapak ini tuh sebenernya pinter (iyalah dosen itb masa kaga pinter), kekurangannya menurut gua beliau ini menganggap semua anak ITB udah pada pinter. Jadi waktu gua kuliah matkul kimia nih, kan semester dua itu kimia organik, dia saat ngejelasin itu gini "seperti yang kalian ketahui molekul CH3COOH adalah seperti berikut (sambil gambar)" terus tanpa dijelasin ulang dasar-dasarnya.

Berbeda dengan dosen semester satu gua yang melakukan recalling, biar mahasiswa nih fresh lagi oiiya yang ini ternyata. Nah, beliau ini ga seperti itu. Gua yang udah terlanjur banget ketinggalan karena ga paham sama penjelasannya jadi males. Jujur gua semester satu tuh walaupun gampang masih sering nyatet, beda bgt sama semester dua karena males udah ketinggalan. Kekurangannya juga karena gua yang ganyadar sih kalo gua butuh bgt paham hehe.

Akibatnya pada saat ujian satu itu nilai gua standar cenderung jelek gitulah. Cuma kan biasa, karena masih tengah semester masih bisa ngomong "ah, ntar ujian dua pasti gua dapet nilai maksimal". Ternyata eh ternyata soalnya susah dan gua gapaham juga pas ujian dua. Bener aja gua emang udah feeling, cuma kagetnya ternyata jelek juga nilai gua C pas keluar. Pas awal dapet C ini gua gaterlalu sedih sih karena ga ngulang ini kan.

Oiya, FYI waktu jaman gua dulu itu kalkulus sama fisika kalo misal nilai kita dibawah C wajib ikut ujian perbaikan. Nah, ujian perbaikan ini nilai maksimalnya C jadi yang dapet D dan E bisa sama-sama dapet C dengan usaha yang dari E pastinya harus lebih maksimal dibanding yang D karena pake sistem persenan gitu. Gua sendiri lupa itungannya maaf yak hehe. Kalo buat matkul kimia, itu ujian perbaikan bisa diikutin sama yang nilainya dibawah B dengan nilai maksimal B. Jadi kalo dapet D mepet C, mungkin aja bisa dapet B asal nilainya maksimal.

Oke lanjut yaa.

Jadi temen main dan belajar gua kebetulan ada yang dapet BC dan gua dapet C kan. Awalnya gua gamau gitu karena dua kali ujian gua nilainya gaada yang bagus. Gua takut kalo pas gua ikut ujian ulang malah turun jadi D kan galucu ngulang tahun depan wkwk. Cuma dia cerita, kalo semester lalu dia kan ikut ujian perbaikan kalkulus nah katanya gampang gitu. Gua berpikir2 panjang sebelum akhirnya memutuskan buat ikut. Dibantu diajarin ama temen-temen yang lain yang pada dapet A dan AB haha.

Bener aja gua belajar tuh tanpa lelah karena takut malah turun kan nilai ujiannya. Dan pada hari-H tiba. Gua ngerasa sangat cukup, mungkin karena gua belajar soal UTS dan UAS yang gua kemarin kesulitan kali ini waktu dijelasin gua paham konsepnya. Bener aja, pas dapet soal untungnya gampang bagi gua saat itu. Kenapa gua bilang gitu? Karena banyak temen lain gua yang merasa kesulitan (ini beneran pas gua mau mulai cerita UP kimia organik pada bilang ga naik gara2 sulit). Yah mungkin emang hoki gua juga dan bener aja nilai gua naik jadi B haha. Temen belajar gua yang BC juga jadi B. Sering banget gua diolok dia gegara awal-awal nolak ujian perbaikan haha thank you nis hasutannya.

Dari sini pelajaran yang gua ambil adalah sebenernya kita bisa ngelakuin atau ngerjain suatu hal kalo ada usahanya. Coba kalo gua dulu ga males-malesan nyatet dan merhatiin karena dosennya gua anggap cara mengajarnya ga cocok, mungkin gaperlu perbaikan udah dapet nilai B bahkan lebih. Dan gua beritahu sekali lagi bahwa hal jelek yang gua lakuin itu merupakan salah satu penyebab kegagalan lulus atau nilai yang ga maksimal saat kuliah. Semoga bermanfaaaat!


1 komentar: