Lembaga Kemahasiswaan di ITB




Lembaga Kemahasiswaan adalah sebuah unit kerja di bawah Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang memiliki peran strategis dalam pengembangan mahasiswa dan lingkungannya agar menghasikan alumni yang berkarakter dan kompeten. Lembaga Kemahasiswaan ITB melalui beberapa pendekatan, yakni:

1. Pengembangan ko-Kurikuler
2. Pemberdayaan Mahasiswa untuk Masyarakat
3. Peningkatan Kesejahteraan Mahasiswa
4. Pendidikan Karakter
5. Mempersiapkan Kapasitas Keprofesian Mahasiswa

Lewat kelima pendekatan ini diharapkan dapat terbentuk sebuah lingkungan kemahasiswaan ITB yang kondusif bagi pengembangan karakter mahasiswa.

Dalam melaksanakan tugasnya agar tujuan dari pendidikan ITB dapat tercapai, Lembaga Kemahasiswaan berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dengan organisasi kemahasiswaan. Kolaborasi tersebut diantaranya berbentuk kerjasama penyelenggaraan kegiatan, pembimbingan, dan pemberian dukungan fasilitas. Beberapa bentuk program Lembaga Kemahasiswaan diantaranya:

Beasiswa

Beasiswa yang dikelola oleh Lembaga Kemahasiswaan terdiri dari 4 jenis:

1) Beasiswa Ekonomi, diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kesulitan ekonomi.
2) Beasiswa Prestasi, diberikan kepada mahasiswa sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.
3) Beasiswa Ikatan Dinas, diberikan kepada mahasiswa dengan ikatan kerja / dinas setelah yang bersangkutan lulus, sesuai dengan perjanjian yang disepakati ITB, mahasiswa, dan penyandang dana.
4) Beasiswa Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB terpusat.

Info lebih lengkap tentang beasiswa: kemahasiswaan.itb.ac.id/beasiswa

Asrama

Untuk membantu mahasiswa yang kesulitan memperoleh tempat tinggal selama belajar di ITB, ITB memfasilitasi dengan memberikan bantuan berupa beasiswa pondokan atau asrama.

Asrama-Asrama mahasiswa ITB yang tersedia antara lain:
Asrama Kidang Pananjung dengan kapasitas 222 orang (putra)
Asrama Kanayakan Lama dengan kapasitas 102 orang (putri)
Asrama Kanayakan Baru dengan kapasitas 105 orang(putri),
Asrama Bumi Ganesha dengan kapasitas 196 orang (putra),
Asrama Mahasiswa Asing dengan kapasitas 44 orang.


Bimbingan Konseling

Kesuksesan mahasiswa dalam menempuh pendidikan di ITB bukan hanya dipengaruhi oleh faktor akademis, melainkan juga dipengaruhi oleh faktor psikologis.Oleh sebab itu, Lembaga Kemahasiswaan menyediakan fasilitas bimbingan konseling melalui tim Bimbingan Konseling ITB. Bimbingan Konseling menyediakan layanan konsultasi psikologi oleh para psikolog profesional secara gratis bagi mahasiswa ITB.

Prosedur untuk melakukan konseling adalah dengan terlebih dahulu mengisi formulir pengajuan konsultasi di loket kantor Bimbingan Konseling Lembaga Kemahasiswaan WRAM ITB, di gedung Magister Geodesi lantai depan (depan GKU Timur). Jadwal konsultasi psikologi dilakukan pada hari Senin-Jumat.


Pelayan Kegiatan Mahasiwa

Salah satu program kerja Lembaga Kemahasiswaan sebagai bentuk menjalankan perannya adalah menyediakan fasilitas bagi kegiatan mahasiswa. Fasilitas yang diberikan adalah penyediaan izin kegiatan, penyediaan perizinan penggunaan fasilitas ITB, bantuan dana, dll.


Pelayan Lomba Mahasiswa

Lembaga Kemahasiswaan ITB sangat mendorong mahasiswa untuk berprestasi setinggi-tingginya. Dengan itu, Lembaga Kemahasiswaan menyediakan fasilitas untuk mendorong mahasiswa mengikuti lomba-lomba ilmiah maupun non-ilmiah. Fasilitas tersebut bisa berupa penyediaan informasi, pendampingan, dan penyediaan dana.

sumber: Buku Sakti OSKM ITB 2015




0 komentar: